Tanpa Ronaldo, Messi Tak Kunjung Bergairah di el-Clasico

KONFRONTASI -   - Bintang Barcelona Lionel Messi kembali tampil melempem di laga El Clasico. Duel raksasa Liga Spanyol, Kamis (19/12) dini hari WIB.

Messi seolah tak kunjung bergairah di El Clasico tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo di tim rivalnya itu sejak musim lalu.

Kontribusi Messi bukan hanya absen pada laga El Clasico kali ini. Total pada penampilannya di dua laga El Clasico di seluruh kompetisi musim lalu, La Pulga tak berkontribusi satu pun gol dan assist.


Di putaran kedua La Liga musim lalu, Barcelona menang tipis 1-0 atas Los Blancos berkat gol Ivan Rakitic. Messi juga tidak mempersembahkan assist pada laga itu.

La Pulga kembali tidak mempersembahkan gol dan assist untuk Barca pada dua leg semifinal Copa del Rey musim lalu. Blaugrana sendiri menang agregat 4-1 atas Madrid setelah menghajar rivalnya itu dengan skor 3-0 pada leg kedua.
 

Lionel Messi membuang peluang pada menit ke-31. (Lionel Messi membuang peluang pada menit ke-31. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Performa Messi itu berbeda pada dua laga El Clasico di Liga Spanyol musim 2017/2018, La Pulga masih menorehkan assist dan gol.

Pada pertemuan pertama 23 Desember 2017, penyerang asal Argentina itu menyumbang satu gol dan satu assist. Gol Messi dilesakkan melalui tendangan

penalti. Saat itu Barca menang 3-0 atas Los Merengues.


Berikutnya pada pertemuan kedua, Messi juga mencetak satu gol memanfaatkan assist dari Luis Suarez. Pertandingan di markas Madrid tersebut berakhir imbang 2-2.

Pada laga El Clasico di Liga Spanyol musim 2017/2018, Ronaldo masih tampil membela Madrid. CR7 kemudian hengkang ke Juventus pada musim berikutnya.Kenyataan ini seolah semakin menegaskan bahwa Messi seolah tak kunjung bergairah tanpa kehadiran Ronaldo di El Clasico. La Pulga seakan kehilangan arah tanpa kehadiran 'musuh alaminya' di El Clasico.

Tanpa Ronaldo, Messi Tak Kunjung Bergairah di El ClasicoLionel Messi kembali tak mempersembahkan gol dan assist di laga El Clasico. (AP Photo/Bernat Armangue)

Messi bahkan seperti tak berkutik pada laga El Clasico musim ini.

Tercatat ada dua peluang yang gagal dimaksimalkan Messi menjadi gol pada laga tersebut.

Peluang pertama pada menit ke-31. Bola liar tepisan kiper Los Blancos Thibaut Courtois menghampiri Messi.

Meski dalam bayang-bayang Casemiro, La Pulga berupaya melepaskan tembakan ke gawang Madrid. Tetapi, sontekan kaki kiri Mess masih bisa diblok bek Sergio Ramos.

Peluang berikutnya pada menit ke-65. Messi menerima umpan dari Antoine Griezmann. Namun, dia gagal mengontrol bola dengan sempurna sehingga bola memantul terlalu kencang dari kakinya.

Padahal, Messi terkenal sebagai salah satu pemain dengan level kontrol dan dribel yang sangat bagus.

Messi tak kunjung mengembalikan sentuhan-sentuhan magisnya di El Clasico tanpa kehadiran Ronaldo.
 

Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Sampdoria. (                                                    Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Sampdoria. (Photo by Marco Bertorello / AFP)

Sebaliknya pada laga di hari yang sama, Ronaldo kembali membantu Juventus meraih kemenangan di Liga Italia.

Si Nyonya Tua mengalahkan Sampdoria 2-1 di Stadion Luigi Ferraris, berkat gol tandukan Ronaldo pada menit ke-45. Menariknya, gol tandukan CR7 tersebut tercipta secara sensasional.

 

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Messi sendiri pernah menyampaikan kerinduannya agar Ronaldo kembali ke Liga Spanyol. La Pulga juga sempat kecewa begitu mengetahui Ronaldo tinggalkan Madrid.

"Saya ingin dia melanjutkan kariernya di Real Madrid. Dia memberi nilai tambah terhadap rivalitas tinggi yang terjadi di El Clasico dan La Liga," kata Messi dalam wawancara kepada RAC1.

Peran Ronaldo sebagai mesin gol Madrid mulai digantikan Karim Benzema musim ini. Pemain asal Prancis itu sudah mengemas 12 gol di Liga Spanyol musim ini, sama dengan jumlah gol Messi.

Lihat juga: Rekor-rekor yang Tercipta di El Clasico Barcelona vs Madrid
Benzema sendiri dimainkan sebagai starter oleh sang pelatih, Zinedine Zidane, sebagai starter. Kehadiran pemain 32 tahun itu sempat diharapkan bakal menjaga keseruan El Clasico untuk adi tajam dengan Messi.

Meski demikian, Messi tetap seperti kehilangan motivasi. Benzema tampaknya belum memiliki karakter antagonis utama bagi La Pulga.

Benzema tetap tak bisa disandingkan dengan Ronaldo sebagai rival sejati Messi. Di level dunia termasuk dalam perburuan penghargaan pemain terbaik, hanya Ronaldo yang kerap memberikan tekanan kepada Messi. (jft/CNN)

 

 

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA