Tak Pernah Jeda dari Haus Gol, Lionel Messi Dipuji Eks Asisten Pelatih Barcelona

KONFRONTASI -   Mantan asisten pelatih Barcelona, Juan Carlos Unzue, mengungkapkan kekagumannya terhadap kemampuan Lionel Messi mempertahankan kualitas permainannya dalam jangka waktu yang panjang. Juan Carlos Unzue pernah melatih Lionel Messi selama masa bertugas bersama Luis Enrique medio 2014-2017. Pada usia 32 tahun, Lionel Messi memang masih membuktikan kepiawaiannya di lapangan hijau. Sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus corona, Lionel Messi tercatat melesatkan 19 gol dan 12 assists dari 22 pertandingan di La Liga (kasta teratas Liga Spanyol). 

]

Jika ditotal dari semua aksinya pada musim ini, Messi mencatatkan 24 gol dan 16 assists dari 31 penampilannya bersama Barcelona. Melihat 'mesin' Lionel Messi yang tampaknya belum menunjukkan penurunan kualitas membuat Juan Carlos Unzue terheran-heran dan memuji peraih Ballon d'Or enam kali itu. "Ada satu hal yang saya tidak bisa mengerti tentang Leo (Lionel Messi)," ucap Juan Carlos Unzue dikutip dari Marca. "Kemampuan yang dia miliki dan bagaimana caranya masih harus mempertahankan level tersebut dari waktu ke waktu," tutur Unzue melanjutkan. Unzue menilai tidak mudah untuk mempertahankan level tertinggi kualitas seorang atlet dalam jangka waktu yang panjang, dan Lionel Messi mampu melakukan itu. "Hal yang sulit bukanlah menjadi yang terbaik, melainkan mempertahankan diri Anda pada level tertinggi dan selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan. Itu mengesankan," tutur pria kelahiran Pamplona, Spanyol, tersebut

 

Menurut Juan Carlos Unzue, tak peduli bagaimana kondisi fisiknya yang lebih kecil dari rata-rata pesepak bola, Messi selalu memiliki ambisi untuk meningkatkan kemampuannya.  "Dia bukan ingin menjadi yang terbaik selama pertandingan atau melakukan segalanya untuk membuat suatu perbedaan," kata Unzue. "Ambisi dan daya saing Lionel Messi bersinar dalam setiap sesi latihan." "Orang-orang berpikir Anda yang terbaik karena bakat alami, tetapi itu juga meningkat dengan sendirinya seiring waktu dan kerja keras." "Lionel Messi selalu menjadi laki-laki yang ingin meningkatkan kemampuannya, terlepas dari kondisi fisiknya," ujar Juan Carlos Unzue mengakhiri.


(Jft/KOMPAS)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...