Ribery Dinyatakan Bugar untuk Bermain di Semifinal

KONFRONTASI - Pemain sayap Bayern Munich Franck Ribery telah pulih dari cedera punggung sehingga ia dapat dimainkan untuk pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid pada Rabu (4/5), kata pelatih Pep Guardiola.

Pria Jerman itu, yang mengincar treble raihan gelar pada musim ini, harus membalikkan defisit 0-1 dari leg pertama di Spanyol pekan lalu jika mereka ingin mencapai final pertamanya sejak 2013.

"Hari ini Franck berlatih bersama kami dan ia di sini dengan kami," kata Guardiola kepada para pewarta pada Senin. "Ia merupakan opsi bagi kami untuk besok dan itu sangat bagus."

Ribery absen pada pertandingan liga yang dimainkan Bayern saat melawan Borussia Moenchengladbach, dan pemain sayap lainnya Arjen Robben telah lebih dulu menepi karena cedera.

Guardiola, yang pasukannya Bayern tersingkir di fase semifinal pada dua musim terakhir dari tim-tim Spanyol, ingin pergi setelah tiga musim mengarsiteki klub Bavaria itu dengan trofi Liga Champions yang belum pernah diraihnya di Munich.

"Ini merupakan semifinal ketiga secara beruntun bagi kami. Ini merupakan kehormatan nyata," ucapnya. "Kami memerlukan penampilan terbaik kami untuk mencapai final. Kami tidak harus berpikir mengenai berapa gol yang harus kami cetak, pertama-tama kami perlu bertahan dengan baik dan mengendalikan permainan."

"Sulit untuk bermain melawan Atletico. Mereka bertahan sangat ketat. Namun kami akan melakukan semua yang kami mampu untuk memperjuangkan jalan kami melalui hal itu. Kami akan berusaha untuk menyerang dengan segenap tim dan tidak membiarkan serangan-serangan balik," ucapnya.

Bayern kalah dari Real Madrid di fase yang sama dua tahun silam, dan dari Barcelona pada tahun lalu.

"Tentu saja pertandingan ini penting namun ini sama pentingnya seperti saat melawan Real dan Barcelona," kata Guardiola, yang akan bergabung dengan Manchester City pada musim depan.

"Namun ini merupakan tahun baru dan kesempatan baru bagi kami."

Guardiola juga dapat kembali mengandalkan bek tengah Jerome Boateng, yang kembali bermain pada Sabtu di Liga Jerman setelah sebulan absen.

"Saya tidak tahu berapa lama ia akan bermain. Ia telah cedera untuk kurun waktu lama, ia bermain selama 65 menit (pada Sabtu). Kita lihat saja," kata pria Spanyol itu.

Menurut Reuters, Guardiola mengatakan timnya dapat bertahan dengan baik dengan pemain-pemain seperti David Alaba dan Joshua Kimmich, yang tidak setinggi Boateng, saat pemain internasional Jerman itu absen.

"Kami telah memperlihatkan kami dapat menyerang sama baiknya seperti saat bertahan. Kami bermain dengan Alaba dan Kimmich sebagai bek tengah dalam dua-tiga bulan, dan kami sangat solid dan hanya kemasukan sedikit gol." (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...