21 June 2018

Persebaya Gagal Petik Poin Sempurna

Konfrontasi - Persebaya Surabaya kembali gagal meraih kemenangan di kandang setelah bermain imbang 1-1 saat menjamu Persib Bandung pada pertandingan babak delapan besar Indonesia Super League di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim, Selasa petang(14/10).

Hasil seri ini menjadi yang ketiga beruntun diraih "Bajul Ijo", setelah pada laga sebelumnya juga bermain imbang dengan Mitra Kukar (1-1) dan tuan rumah Pelita Bandung Raya (0-0).

Bermain di depan ribuan pendukungnya, Persebaya bahkan sempat tertinggal 0-1 pada menit ke-12, ketika bola mendatar dari sepakan gelandang serang Persib Makan Konate ke arah kiri gawang tidak terjangkau kiper Jendry Pitoy.

Gol penyeimbang Persebaya tercipta dari bunuh diri yang dilakukan pemain bertahan Persib Supardi Nasir pada menit ke-76, akibat miskomunikasi dengan kiper I Made Wirawan saat mengantisipasi serangan tuan rumah.

Dengan hasil imbang ini, Persib Bandung masih kokoh di puncak klasemen Grup L dengan nilai 7 dan tinggal mencari satu kemenangan dari tiga laga di putaran kedua untuk mengamankan tiket semifinal.

Sementara Persebaya menghuni peringkat kedua dengan nilai 3 dan peluangnya ke babak empat besar masih akan ditentukan pada tiga laga berikutnya di putaran kedua.

"Terus terang, kami sangat beruntung masih bisa meraih hasil seri, karena dari sisi kualitas peluang, Persib jauh lebih baik dan serangan balik mereka sangat efektif," kata pelatih Persebaya Rahmad Darmawan usai pertandingan.

Pada babak pertama, setidaknya dua kali serangan balik cepat yang dilakukan Ferdinand Sinaga dan Tantan nyaris berbuah gol, seandainya kiper Jendry Pitoy tidak sigap mengantisipasi bola yang meluncur ke gawangnya.

Persebaya juga memiliki dua kesempatan mencetak gol melalui tendangan bebas Hasyim Kipuw dan Issac Pupo, namun masih bisa ditepis penjaga gawang I Made Wirawan.

Rahmad Darmawan mengakui kondisi beberapa pemain utamanya seperti Manahati Lestusen, Fandi Eko Utomo dan Alfin Tuasalamony, memang tidak terlalu bugar, namun tetap dipaksakan main meskipun penampilannya kurang maksimal.

Pada kesempatan sama, pelatih Persib Jajang Nurjaman menyatakan bersyukur timnya bisa meraih satu poin dari kandang Persebaya, sehingga langkah menuju semifinal menjadi lebih terbuka.

"Meskipun tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk aman ke empat besar, tapi kami tetap tidak boleh lengah karena posisi belum aman betul. Yang jelas, kami akan maksimalkan dua laga kandang di putaran berikutnya," katanya.

Susunan pemain:

- Persebaya: Jendry Pitoy (pg), Hasyim Kipuw, Ambrizal, OK John, Alfin Tuasalamony/Wahyu Subo, Manahati Lestusen, Fandi Eko Utomo/Novri Setiawan, Issac Pupo, M Ilham, Greg Nwokolo/Zaenal Haq, Emmanuel Kenmogne.

- Persib: I Made Wirawan (pg), Supardi, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Toni Sucipto, Taufiq/Abdurrahman, Agung Pribadi, Makan Konate, Atep, Tantan/Firman Utina, Ferdinand Sinaga/Jibril Coulibaly.(ant/ar)

Category: 
Loading...