Penampilan Trio "Firmansah" di Luar Ekspektasi Klopp

Konfrontasi - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tidak menyangka trio Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah, akan sebagus sekarang. Firmino, Mane, dan Salah, bahkan telah membuat lebih dari 250 gol untuk The Reds –julukan Liverpool– pada era Klopp.

Klopp membangun trio itu bermodalkan Firmino, yang sudah ada sejak juru taktik berpaspor Jerman tersebut ditunjuk sebagai pelatih Liverpool pada pertengahan musim 2015-2016. Firmino adalah pemain warisan Brendan Rodgers yang dibeli dari Hoffenheim pada musim panas 2015.

Klopp yang berencana untuk memiliki tiga pemain depan berkualitas lalu membeli Mane dari Southampton pada musim panas 2016. Akan tetapi, Klopp gagal mendapatkan satu pemain lagi untuk melengkapi trio penyerang yang ia mau.

Klopp baru bisa melengkapi trio lini depan Liverpool saat membeli Salah dari AS Roma pada musim panas 2017. Sejak itu, Liverpool langsung unjuk gigi di kompetisi domestik Inggris dan Eropa.

Liverpool bahkan menembus final Liga Champions 2017-2018. The Reds sayangnya gagal membawa pulang trofi Liga Champions karena kalah 1-3 dari Real Madrid. Akan tetapi, kegagalan itu ditebus semusim berselang dengan mengalahkan Tottenahm Hotspur 2-0 pada partai puncak.

Setelah itu, Liverpool mampu meraih tiga trofi lain berkat ketajaman trio Firmino, Mane, dan Salah. Prestasi teranyar yang Liverpool ukir adalah menjuarai Liga Inggris 2019-2020. Keberhasilan itu menyudahi 30 tahun puasa trofi Liga Inggris Liverpool.

“Gagasannya jelas bagaimana kami ingin bermain dengan para pemain tersebut di depan. Akan tetapi, itu berhasil dengan cara yang tidak pernah kami bayangkan,” kata Klopp, menyadur dari laman resmi Liverpool, Sabtu (3/10/2020).

Namun, Klopp hanya bisa mengandalkan Firmino dan Salah pada pekan keempat Liga Inggris 2020-2021. Mane harus menepi beberapa waktu karena positif terjangkit virus corona (Covid-19). Klopp kemungkinan besar akan menurunkan pemain anyarnya, Diogo Jota, untuk melengkap trio penyerang Liverpool.

Trio baru itu akan membantu Liverpool meraih poin penuh ketika melawat ke kandang Aston Villa, Senin 5 Oktober 2020, dini hari WIB. Kemenangan penting bagi Liverpool agar terus berada di papan atas klasemen sementara sebelum jeda internasional. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...