Manchester City "Belum" Kibarkan Bendera Putih Kejar Gelar Juara

Konfrontasi - Pep Guardiola menyanggah kalau Manchester City (Man City) sudah tidak punya peluang lagi untuk mempertahankan gelar pada musim ini. Pelatih asal Spanyol itu menegaskan The Citizens akan berusaha meraih titel lain di ranah Inggris .

Man City sudah dua musim beruntun merajai Inggris. Tapi, sekarang mereka terancam kehilangan takhta karena terpaut 16 poin dari Liverpool. Dengan jarak sejauh itu, banyak yang menilai hampir mustahil bagi Sergio Aguero dkk untuk memangkasnya.

Meski demikian, Guardiola menyatakan pasukannya masih belum tersisih. Menurutnya kesempatan merebut posisi pertama sebelum kompetisi berakhir masih terbuka. Terlebih, apapun bisa terjadi di sepak bola.

Musim lalu Man City menjadi tim pertama dalam satu dekade terakhir yang bisa mempertahankan trofi Liga Primer. Padahal saat itu, mereka sempat menempati posisi kedua selama beberapa pekan pada paruh kedua musim.

Sekarang, walau terpisah 16 poin dari Liverpool, Man City ada di posisi kedua. Guardiola menilai hal itu membuat kans pasukannya untuk kembali menjadi juara di Liga Primer musim ini belum sepenuhnya tertutup. Meski demikian, dia mengakui itu sangat sulit. 

“Tim ini, apa yang mereka lakukan selama dua musim terakhir, kususnya musim lalu sangat luar biasa. Saya sudah katakan berulang kali tentang apa yang terjadi dengan para juara di Liga Primer ketika mulai kehilangan poin, mereka tidak bisa lagi merebut (posisi pertama),” ujar Guardiola, dilansir skysport. 

Setelah memenangi edisi 2017/2018, Man City sempat diprediksi akan terpuruk, seperti yang dialami juara Liga Primer sebelumnya. Tapi, kenyataannya berkata lain. Mereka tetap mampu meraih hasil bagus dan sempat bertengger di puncak pada paruh pertama musim. 

Walau setelah itu turun ke posisi dua, Man City akhirnya bisa kembali juara dengan keunggulan satu poin dari Liverpool. “Apa yang terjadi pada juara Liga Primer sebelumnya di musim berikutnya? Mereka akan terpuruk, kehilangan poin. Tapi, kami tidak,” sambung Guardiola. 

Guardiola mengaku Man City masih belum hilang harapan soal Liga Primer. Namun, mantan pelatih Barcelona itu juga menyatakan pihaknya kini lebih fokus menjaga gelar lainnya di Inggris, yakni Piala FA dan Piala Liga (Carabao Cup).

“Mungkin Liverpool akan menjadi juara Liga Primer (musim ini). Mereka bisa jadi juara setelah mencatat 22 menang dan satu imbang dari 23 laga. Liverpool sangat fantastic, fenomenal dan luar biasa. Jadi, kami harus menerimanya dan belajar dari itu,” ujar Guardiola.

Itu sebabnya Man City kini fokus untuk menghadapi Fulham pada putaran keempat Piala FA di Etihad Stadium, nanti malam. Apalagi kemenangan bisa menjadi modal positif saat menjamu Manchester United (MU) pada leg kedua babak semifinal Piala Liga. (snd/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...