9 April 2020

Liverpool Klub Paling Produktif Cetak Pemain Terbaik Afrika

Konfrontasi - Liverpool kembali bikin rekor baru. Klub Liga Inggris itu tercatat sebagai klub paling sering mencetak pemain Afrika terbaik. 

Teranyar, The Reds membuat Sadio Mane menjadi pemain Afrika terbaik 2019. Gelar itu didapat setelah penyerang asal Senegal itu, bersama Liverpool, memenangkan trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. 

Sudah empat kali pemain Liverpool memenangkan gelar pemain Afrika terbaik. Sebelumnya ada sosok Mohamed Salah-yang merebut dua gelar pada 2017 dan 2018. Lalu El Hadji Diouf yang merebut gelar pemain terbaik Afrika pada 2002.

Artinya sepanjang sejarah penganugerahan pemain terbaik Afrika, penggawa Liverpool sudah merebut empat gelar. Bisa dibilang The Reds adalah klub paling produktif mencetak bintang-bintang dari Benua Hitam.

 

Daftar Klub Pencetak Pemain Afrika Terbaik

Klub Pemenang Runners-up Tempat Ketiga
Liverpool 4 3 1
Marseille 4 1 2
Manchester City 4 1 1
Chelsea 2 4 6
Monaco 2 3 1
Barcelona 2 2 1

Sampai saat ini rekor terbanyak pemain Afrika terbaik masih dipegang Samuel Eto'o dengan empat gelar. Pemain asal Kamerun itu memenangkannya ketika berseragam Mallorca (2003), Barcelona (2004 dan 2005) dan Inter Milan (2010).

Sedangkan negara paling dominan menghasilkan pemain Afrika terbaik adalah Kamerun. Pemain mereka sudah memborong 11 gelar di ajang tersebut, 8 kali runner up, dan 11 kali mengisi tempat ketiga. (snd/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...