Kompetisi Terhenti, La Liga Berpotensi Rugi Besar

KONFRONTASI -   Kompetisi La Liga dan Segunda Division resmi dihentikan untuk dua pekan ke depan. Andai kompetisi dihentikan pada saat ini, La Liga berpotensi kehilangan pendapatan senilai Rp11,7 triliun.

Pihak La Liga baru saja mengambil keputusan penting. Setelah mendapat kabar pemain basket Real Madrid positif terjangkit virus corona, La Liga langsung menunda semua jadwal.

 

"Mempertimbangkan kondisi yang beredar pada pagi ini, yaitu Real Madrid yang memutuskan untuk mengarantina tim mereka dan juga kemungkinan ada pemain dari klub lain yang positif terjangkit, maka La Liga memutuskan untuk memasuki fase berikutnya dari protokol perlawanan terhadap COVID-19," bunyi pernyataan resmi La Liga.

La Liga bukan kompetisi pertama yang ditunda karena corona. Bicara kompetisi Eropa, sudah ada Serie A yang ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan. Lalu, ada juga beberapa laga di Liga Europa yang harus ditunda.

Virus Corona atau Covid-19 telah menjadi pandemi di dunia. Virus yang persebarannya diduga bermula dari daerah Wuhan, China, tersebut membawa dampak besar bagi sepak bola dunia. La Liga menjadi kompetisi yang ikut terdampak.


Kerugian Ekonomi

Dikutip dari Marca, keputusan La Liga menunda pertandingan selama dua pekan sejatinya membawa dampak yang besar dari sisi ekonomi. La Liga berpotensi kehilangan pendapatan dalam jumlah yang sangat besar.

Bahkan, andai La Liga menghentikan kompetisi pada pekan ini, mereka bakal kehilangan pendapatan senilai 700 juta euro atau sekitar Rp11,7 juta triliun. Angka tersebut didapat dari nilai hak siar, tiket musiman, tiket laga biasa, dan kerja sama komersial lainnya.

La Liga punya potensi pendapatan senilai 494 juta euro hanya dari hak siar. Sedangkan, untuk Segunda Division, ada hak siar senilai 55 juta euro. Masing-masing divisi masih punya 11 pekan untuk dimainkan pada musim 2019/2020.

Sejauh ini, belum ada laporan pemain sepak bola di Spanyol yang positif terjangkit virus corona. Namun, pihak La Liga sudah mengambil keputusan tegas menyusul kabar dari pemain basket Real Madrid yang positif corona.

Sikap yang sama juga sudah diambil Serie A dengan menunda laga hingga batas waktu tidak ditentukan. Bundesliga dan Ligue 1 akan menggelar laga tanpa penonton pada akhir pekan ini dan sangat mungkin menunda liga.

Sejauh ini, Premier League lah yang belum membuat keputusan resmi. Padahal, sudah ada Mikel Arteta dan Callum Hudson-Odion yang positif terjangkit corona. Premier League baru menunda dua laga yang melibatkan Arsenal, yakni menghadapi Manchester City dan Brighton.(Jft/BOLA.COM)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...