Klopp Resmi Nahkodai Liverpool

Konfrontasi - Liverpool mengkonfirmasi bahwa pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp telah menjadi pelatih baru mereka pada Kamis (8/10/2015) waktu setempat, dengan kesepakatan kontrak bernilai 6,1 juta dolar per tahun.

Mantan arsitek tim Borussia Dortmund itu telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan raksasa Liga Utama Inggris itu, dan menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat oleh pemilik Liverpool asal AS, Fenway Sports Group pada Minggu (4/10/2015) lalu, lapor AFP.

"Liverpool Football Club dengan gembira mengumumkan bahwa Jurgen Klopp telah ditunjuk sebagai pelatih baru klub," kata klub itu dalam pernyataan yang dirilis pada akun Twiter mereka.

"Pelatih asal Jerman itu telah menandatangani kesepakatan untuk memimpin di The Reds dan akan diperkenalkan pada konferensi pers di Anfield pada Jumat (9/10/2015) pagi."

Laga pertama Klopp sebagai pelatih di Liverpool akan dimainkan melawan Tottenham pada 17 Oktober. Klopp tiba di Liverpool dalam kondisi klub menghuni peringkat kesepuluh di klasemen Liga Utama Inggris.

Pria 48 tahun itu akan diperkenalkan pada konferensi pers pukul 09.00 GMT pada Jumat (9/10/2015), menyusul situasi panas selama sepekan di Anfield yang dimulai dengan berakhirnya rezim Rodgers dan ditutup dengan direkrutnya salah satu pelatih papan atas Eropa ini.

Klopp mengatakan dirinya telah menyepakati kontrak tiga tahun, di mana ia akan dibayar dengan jumlah lebih dari empat juta pound per tahun, dan dapat dikatakan bahwa ia akan mendapatkan semua dana yang diperlukan jika ia dapat merestorasi Liverpool untuk kembali ke masa kejayaannya.

Klopp datang ke Liverpool dengan reputasi bagus setelah memimpin Dortmund meraih dua gelar Liga Jerman dalam tujuh tahun, serta finis sebagai runner up Liga Champions pada 2013.

Bagaimanapun, Dortmund mengalami masalah pada musim lalu, hanya mampu finis di peringkat ketujuh di Liga Jerman dan kalah di final Piala Jerman pada pertandingan terakhir Klopp di klub itu sebelum ia mengundurkan diri pada akhir musim dengan mengatakan dirinya ingin beristirahat.

Klopp, yang diketahui menggemari musik metal, pernah dua kali menolak tawaran Liverpool dan ironisnya ia tiba di Merseyside dengan komposisi pemain di klub ini yang dapat dikatakan tidak berada dalam kekuatan terbaiknya.

Sebagai hasilnya, pria Jerman ini memiliki tugas berat di tangannya untuk menyegarkan tim "Si Merah" yang terpuruk sejak ditinggal para pemain bintangnya seperti Luis Suarez, Steven Gerrard dan Raheem Sterling dalam beberapa tahun terakhir.

Harapan Besar

Harapan-harapan untuk meraih sukses tetap tinggi di kalangan para penggemar klub yang memiliki 18 gelar Inggris, tujuh Piala FA, dan lima Liga Champions ini.

Namun minimnya investasi Liverpool dibandingkan para rival utamanya membuat mereka kesulitan bersaing dalam perburuan gelar serta mengamankan tiket untuk lolos ke Liga Champions.

Rodgers juga dilaporkan memiliki masalah dengan melakukan perekrutan pemain melalui masukan dari "komite transfer" klub -- yang diisi oleh dua pemandu bakat Dave Fallows dan Barry Hunter, analis Michael Edwards, perwakilan FSG Mike Gordon, dan ketua eksekutif Ian Ayre -- dan Klopp harus menemukan cara untuk menghindari masalah serupa.

Meski terdapat potensi keterpurukan di depan mata, mantan pelatih Liverpool, Roy Hodgson yang sekarang melatih timnas Inggris memberi selamat kepada Klopp.

"Kami mendoakan yang terbaik untuknya," kata Hodgson. "Itu adalah urusan klub ketika klub mengganti para pelatih, namun saya menyambut kedatangan Jurgen ke Inggris dan mendoakan yang terbaik untuknya, untuk dapat menjadikan Liverpool sebagai tim papan atas seperti yang diinginkan para pemilik."

Rodgers menjadi pelatih Liverpool pada 2012 setelah didatangkan dari Swansea, dan memimpin Si Merah ke peringkat kedua di Liga Utama Inggris pada 2013/2014, sebagaimana mereka gagal memenangi gelar Inggris untuk pertama kalinya sejak 1990.

Namun kegagalannya untuk memenangi trofi utama sepanjang rezimnya terbukti fatal, dan ia dipecat oleh para pemilik yang berasal dari AS setelah hasil imbang 1-1 saat melawan Everton, yang membuat Liverpool hanya mencatatkan empat kemenangan dari 11 pertandingan mereka di semua kompetisi pada musim ini.

Klopp diperkirakan akan mendatangkan Zeljko Buvas asal Bosnia, asistenya di Dortmund dan Mainz, dan pelatih Peter Krawietz serta sejumlah staf pendukungnya.

Beberapa staf Rodgers -- termasuk Gary McAllister dan Sean ODriscol -- meninggalkan Liverpool pada Kamis (8/10/2015) ketika klub melakukan "pembersihan" sebelum kedatangan Klopp. (ant/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA