19 December 2018

Hantam Malaysia 1-0 Tanpa Balas, Indonesia ke Final AFF U-16

KONFRONTASI -   Indonesia akhirnya melangkah ke final Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Malaysia. Pada babak semifinal yang berlangsung di  Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis, 9 Agustus 2018 malam, Timnas menang tipis 1-0.

Kemenangan itu akhirnya membawa Timnas menuju babak final dan bertemu dengan Thailand. Adapun Thailand maju ke partai puncak usai mengalahkan Myanmar 1-0.
 
Hasil ini menjadi hasil manis bagi Tim Garuda Asia. Mengingat tahun lalu pencapaian Timnas U-16 memang belum sebagus saat ini.

Tahun lalu, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri dkk. bahkan tidak mampu menebus fase grup dan hanya finis di peringkat kelima dari enam tim di grupnya. Hasil pertandingan malam ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan yang diperlihatkan oleh Timnas. 

Pasalnya di tahun ini, mereka bahkan mampu lolos sempurna di grupnya dengan 15 poin dari lima pertandingan dan keluar sebagai juara grup. Timnas bahkan memastikan tiket semifinal sehari sebelum pertandingan terakhir fase penyisihan melawan Myanmar.

Bagus Khafi

Di laga semifinal tersebut, Bagus Khafi lagi-lagi menjadi penyelamat Timnas Indonesia. Eksekusinya yang apik atas pinalti di menit ke-74 memberikan kemenangan bagi Merah Putih.

Gol tersebut adalah gol ke-12 bagi Bagus Khafi. Itu menjadikannya sementara sebagai pencetak gol terbanyak di turnamen ini.

Bagus Khafi memang selalu menjadi pilihan utama Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini selama turnamen ini. Begitu juga di babak ini. Lini pertahanan kembali dipercayakan kepada Bagus Kaffa yang kembali dimainkan setelah dia terbebas dari hukuman kartu Merah.

Di awal, kedua tim sama kuat. Dua menit jelang turun minum, kedudukan masih 0-0. Belum ada satu pun pemain yang bisa memecahkan pertahanan lawan dan sebaliknya.

Upaya Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri dkk. kerap menemui kebuntuan, meskipun mereka tampil cukup agresif di babak ini. Selain terlalu terburu-buru melancarkan penyelesaian, namun ketatnya lini pertahanan lawan menjadi kendala bagi para pemain Timnas U-16 untuk bisa menjebol gawang Malaysia yang dikawal kiper Abdul Alim Al Amri Ali.

Beberapa upaya sempat tercipta, seperti lewat tendangan keras jarak jauh Yudha Febrian di menit ketiga yang masih melebar atau menit ke-50 dimana terjadi peluang lewat set piece. Sayangnya, bola yang dieksekusi oleh Bagus Khafi masih terlalu lemah, hingga arah bola terbaca oleh kiper lawan. 

Sama dengan Indonesia, Malaysia pun di babak pertama ini juga sempat melancarkan serangan. Tapi sayang, mereka juga gagal mengesekusi dengan baik, setelah peluang emas Negeri Jiran di menit ke-15 masih melebar. 

Indonesia baru bisa menghasilkan angka di menit ke-74. Lagi-lagi Bagus Khafi menjadi pahlawan Indonesia. Dia sukses mengeksekusi tendangan pinalti yang diberikan wasit setelah pemain Indonesia dilanggar oleh Malaysia. 

Bertemu Thailand

Thailand akan menjadi lawan Indonesia di partai final yang akan berlangsung Sabtu, 11 Agustus 2018. Mereka sukses menembus final usai menundukkan Myanmar dengan skor tipis 1-0 di babak "4 Besar". 

Satu-satunya gol yang tercipta di laga ini datang dari sang Kapten Tim Gajah Putih, Thanarin Thumsen di menit ke-46. Permainan keduanya sebenarnya cukup ketat, terutama di babak pertama. Dimana kedua tim sama-sama sukses menahan laju serangan masing-masing lawannya.

Barulah di babak kedua, Thailand mampu mencuri peluang. Myanmar yang tertinggal tidak mau merubah permainan menjadi bertahan. Mereka tetap bermain terbuka untuk mencari celah pertahanan lawan. Sayangnya, peluang yang mereka bangun hingga akhir pertandingan belum mampu berbuah gol. 

Laga melawan Thailand nanti akan jadi laga ulangan di Piala AFF U-15 Juni lalu (2017). Saat itu, Indonesia menyerah dengan skor tipis 0-1 di penyisihan grup. Maka kesempatan nanti akan jadi "pembalasan dendam" bagi Timnas tentunya. 

"Kami sudah pernah bertemu Thailand pada AFF Juni lalu dan kalah. Tapi saya pikir kali ini permainan akan berbeda, peluangnya akan sama besar sekarang 50:50," ujar Fakhri.(Jft/PR)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...