20 October 2018

Hadapi Piala Wapres, Sulsel Kirim 16 Petinju

KONFRONTASI-Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan mengirimkan 16 petinju terbaiknya menghadapi Kejuaraan Nasional (kejurnas) Piala Wapres III di Kota Lahat, Sumsel, 18-24 Mei 2014.

Sekretaris Umum Pertina Sulsel Abdi Amahoru di Makassar, Jumat, mengatakan 16 atlet yang sudah diberangkatkan hari ini terdiri dari tujuh petinju "Sulsel Maju II" diantaranya Alex tatontos, Erico Amanupunyo, Harris, Abdul Sada hingga Charles.

"Sembilan atlet lainnya merupakan para petinju potensial Pertina Sulsel. Kami berharap dengan atlet yang lebih banyak akan semakin menjaga peluang sekaligus mewujudkan target sebagai juara umum," katanya.

Menurut dia, ada beberapa petinju yang akan diturunkan pada kelas yang sama. Pihaknya juga berencana membagi dalam tim di Kejurnas Piala Wapres 2014.

"Kelas 60 dan 57 kg masing-masing akan diikuti dua petinju. Untuk kualitas atlet baik yang masuk tim utama dan pelapis memiliki kualitas yang cukup berimbang," ujarnya.

Manajer Tim Sulsel Muhammad Tri Wahyudin menyatakan dari 16 petinju yang diberangkatkan, 11 diantaranya ditanggung pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel. Sedangkan lima sisanya merupakan tanggungan Pengprov Pertina Sulsel.

Pihaknya memutuskan mengakomodir lima atlet tersebut karena dinilai memiliki potensi untuk memberikan hasil maksimal. Keterlibatan atlet juga guna memberikan pengalaman bertanding bagi setiap atlet di kejuaraan nasional.

Adapun lima atlet tambahan tersebut yakni Budi Gunawan (kelas 46kg), Busman (kelas 49kg), Hilmayana (kelas 51kg putri), Haslinda (54kg putri) serta Hilda yang akan turun di kelas 64kg putri.

"Kami tidak hanya mengandalkan petinju "Sulsel Maju II" namun seluruh atlet yang tampil memiliki potensi meraih prestasi. Kami juga berharap dukungan dan doa masyarakat agar target kita sebagai juara umum dapat terwujud," jelasnya.

Mengenai kekuatan tim yang akan dihadapi, Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Petina) Sulsel tetap memberikan kewaspadaan terhadap kontingen Sulut sebagai juara bertahan dan tentu saja tim tuan rumah yang akan mendapat dukungan penuh selama pertandingan.

Pada pelaksanaan Piala Wapres II 2013 di Padang, Sumbar, kontingen Sulawesi Utara kembali berhasil mempertahankan prestasinya sebagai juara umum.

Sementara tim Sulawesi Selatan menjadi juara umum kedua setelah mengoleksi medali masing-masing melalui Alex Tatontos (emas), Erico Amanupunyo (perak), serta Charles dan Zada dengan medali perunggu.

Alex tatontos yang merupakan peraih emas SEA Games 2011 itu berhasil merebut emas setelah di babak final berhasil mengalahkan Gino Kurnia asal Sumatera Barat.

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...