Everton Bisa Bikin Lukaku Gembira

KONFRONTASI-Everton dapat mengimbangi ambisi penyerang Romelu Lukaku dan mempertahankan pemain internasional Belgia itu di Goodison Park, kata manajer Ronald Koeman pada Kamis.

Lukaku, yang mencetak empat gol saat melawan Bournemouth pada akhir pekan silam dan merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Inggris dengan 16 gol, dilaporkan menjadi target mantan klubnya Chelsea meski agennya Mino Raiola mengatakan pada Kamis bahwa kliennya semakin dekat untuk menyetujui kontrak baru dengan Everton.

"Saya tidak berbicara kepada dewan mengenai Romelu namun jika agennya menyebut ia suka untuk bertahan atau mendekati kontrak baru, maka itu sempurna untuk Everton," kata Koeman pada konferensi pers menjelang pertandingan akhir pekan ini di markas Middlesbrough.

"Jika para pemain melihat masa depan di klub, jika mereka melihat tim berkembang dan semakin kuat maka itu selalu merupakan nilai plus bagi mereka untuk bertahan."

Lukaku meneken kontrak berdurasi lima tahun dengan Everton pada Juli 2014 setelah bergabung dengan klub itu sambil memecahkan rekor transfer sebesar 28 juta pound.

"Semua orang memiliki ambisinya, itu normal, dan kami suka untuk mempertahankan pemain-pemain bagus. Saat ini ia merupakan pencetak gol terbanyak, bermain di level tinggi, begitu tajam, dan akan sulit untuk menemukan penggantinya maka saya berharap ia bertahan," kata Koeman.

Koeman berkata kepada surat kabar Belgia pada November bahwa Lukaku mungkin perlu untuk melihat melampaui klub Merseyside itu untuk memenuhi potensinya, menyarankan bahwa kelak suatu hari ia dapat bermain untuk tim seperti Barcelona.

Musim lalu Lukaku menjadi pemain Everton pertama sejak Dave Hickson pada 1954 yang mencetak gol dalam empat pertandingan secara beruntun.

Ia meneruskan penampilan bagus itu pada musim ini, meski Koeman meyakini bahwa masih banyak yang dapat dikeluarkan oleh pemain 23 tahun itu.

"Ia merupakan penyelesai (serangan) kelas dunia namun dalam detail-detail lainnya, kualitas-kualitas lainnya, ia dapat dan harus berkembang, ia mengetahuinya," tutur Koeman.

"Tim membuat Romelu menjadi penyerang papan atas, tentu saja Anda perlu penyerang yang memiliki kualitas menyelesaikan (serangan), namun Anda tidak dapat melakukannya sendiri."

Everton menghuni peringkat ketujuh di Liga Inggris setelah laju tujuh pertandingan tanpa terkalahkan. Kemenangan melawan Middlesbrough dapat membuat mereka mendekati empat besar. Mereka tertinggal tujuh angka dari tim peringkat keempat Arsenal

Namun Koeman memperingatkan untuk tidak menganggap enteng Middlesbrough.

"Mereka adalah tim yang terorganisir, mereka akan menyulitkan, mereka hanya kalah 0-1 di markas Tottenham," tuturnya.

"Ini adalah selangkah demi selangkah. Target pertama sekarang adalah untuk mengejar tim di atas kami,"  katanya dilaporkan Reuters.[mr/tar]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...