Copa America Uji Coba Lakukan 4 Pergantian Pemain

Konfrontasi - Copa America Centenario, yang dimulai di Amerika Serikat pada Sabtu (4/6/2016) pagi WIB dan akan berlangsung hingga 27 Juni, menjadi ajang uji coba penerapan pergantian pemain maksimal empat pemain, bertambah satu dari yang diberlakukan selama ini sebanyak tiga pergantian.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) merilis peraturan pertandingan 2016-2017 pada pekan ini yang berisi sejumlah regulasi baru. Salah satu yang diimplementasikan di Copa America Centenario ialah opsi pergantian pemain hingga empat kali dalam sebuah pertandingan resmi.

Selama ini, pergantian pemain hingga lebih dari tiga kali hanya bisa dilakukan sebuah tim, klub ataupun timnas, dalam pertandingan tidak resmi yang lazim disebut persahabatan atau uji coba, yang hasilnya tidak diperhitungkan dalam pemeringkatan FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Namun, regulasi baru yang mengizinkan pergantian pemain sampai empat kali hanya diberlakukan apabila pertandingan harus dilanjutkan hingga perpanjangan waktu 2 x 15 apabila skor imbang dalam 2 x 45 menit.

Dengan demikian, ketentuan tersebut diterapkan hanya dalam babak knock out yang harus didapatkan pemenangnya pada saat itu juga, bukan dalam pertandingan fase grup yang tidak masalah apabila terjadi hasil imbang.

Namun, sebagaimana diberlakukan dalam Copa America 2015 di Chile, perpanjangan waktu itu sendiri dilakukan hanya dalam pertandingan final. Adapun dalam babak perempat final dan semifinal, jika laga 90 menit imbang, langsung dilakukan adu penalti untuk menetapkan pemenang.

Panitia Pelaksana Copa America Centenario beberapa jam sebelum laga perdana di mana Kolombia mengalahkan Amerika Serikat 2-0 menyetujui penerapan pergantian pemain sampai empat kali di final jika selama 2 x 45 menit skor imbang. (tmp/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA