Cetak Rekor Dunia, Pelari Malaysia Lari Menaiki Gedung Tertinggi

KONFRONTASI-Catatan rekor atletik baik pada nomor 100 meter atau marathon mungkin sudah familiar di telinga. Namun, bagaimana dengan rekor dunia berlari menaiki gedung pencakar langit dalam waktu satu jam?.

Guinness World Records London Headquarters baru saja mengesahkan nama pelarigedung tinggi asal MalaysiaSoh Wai Ching sebagai pemegang rekor Greatest Vertical Height Stair Climbing in One Hour. Soh berlari mendaki gedung Four Seasons Place setinggi 1,295 meter dalam waktu satu jam.

Four Seasons Place Kuala Lumpur merupakan hotel tertinggikeempat di dunia dan gedung tertinggi ketiga di Malaysia, setelah Petronas Twin Towers dan The Exchange 106. Gedung yang terdiri dari hotel, pusat perbelanjaan dan apartmen itu memiliki tinggi 343 meter dengan 74 lantai.

Soh Wai Ching yang merupakan pelari menara nomorsatu Asia itu mencetak rekor dunia menaiki gedung pencakar langit menggunakan rute tangga darurat, pada Rabu (18/11/2020). Dia memecahkan rekor sebelumnya atas nama David Robles Tapia dari Spanyol dengan ketinggian 1,227 meter.

Pelari berusia 26 tahun itu mendapat konfirmasi juri, Swapnil Dangarikar dari India dan diikuti dengan konfirmasi tertulis dari Guinness World Records London Headquarters.

“Mencapai rekor dunia adalah impian utama bagi setiap atlet, tetapi untuk Asosiasi Towerrunning Malaysia dan saya berharap dengan upaya ini kami dapat menginspirasi semua orang untuk melakukan sesuatu yang hebat, menjadi kreatif, berpikir di luar kotak, meskipun di tengah pandemi Covid-19, ” kata Soh, yang juga presiden Malaysia Towerrunning Association dilansir Bernama.

Lewat akun media sosialnya, Soh Wai Ching menceritakan bagaimana dirinya bisa mencetak rekor tersebut. Dia mengungkapkan melakukan empat total pendakian di mana tiga di antaranya merupakan pendakian penuh hingga ke lantai 66. Sedangkan satu lainnya hanya sampai lantai 65.

“Sungguh menantang mental ketika tiba-tiba semua lagu yang tersimpan di jam tangan hilang ketika saya mencoba memainkannya. Syukurlah, dengan sorak-sorai teman-teman dan lagu-lagu yang mereka mainkan di lantai masing-masing mampu menyemangati saya. Terima kasih kawan!,” katanya.

“Ada banyak tantangan sebelum upaya ini terutama mendapatkan izin dari kepolisian di Dang Wangi selama periode pembatasan sosial dan memastikan semua orang mengikuti SOP,” pungkas Soh Wai Ching.

Malaysia Towerrunning Association dalam pernyataannya menyebut presentasi sertifikat virtual resmi dijadwalkan berlangsung di Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia (KBS) dalam waktu dekat.

Wakil Presiden Malaysia Towerrunning Association Ravinder Singh mengungkapkan, sebelum memecahkan rekor dunia, Soh Wai Ching melakukan 12 sesi pelatihan dalam satu bulan di Four Seasons Place Kuala Lumpur.

“Menjawab tantangan ini, kami menghadapi begitu banyak kendala tetapi tetap positif dengan fokus hanya pada solusi, satu per satu. Perjalanan itu telah mempersiapkan kami untuk ketinggian dan keyakinan yang lebih besar,” kata Ravinder.(mr/snd)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...