Arsenal Makin Dekat ke Empat Besar Liga Utama Inggris

KONFRONTASI-Olivier Giroud, Mesut Ozil, dan Santi Cazorla tampil gemilang ketika Arsenal mendekatkan diri pada posisi empat besar Liga Utama Inggris, melalui kemenangan 5-0 atas Aston Villa di Stadion Emirates pada Minggu.

Ozil memberi umpan kepada Giroud untuk mencetak gol pembuka pada menit kedelapan dan kemudian pemain Prancis itu berbalik menjadi pengumpan pada babak kedua, sebelum gol-gol dari Theo Walcott, Cazorla, dan Hector Bellerin melengkapi kemenangan pada pertandingan yang berlangsung berat sebelah ini, lapor AFP.

Ini merupakan kemenangan kelima di semua kompetisi bagi pasukan Arsene Wenger dan membawa mereka memiliki koleksi angka yang sama dengan tim peringkat keempat Southampton, yang harus kehilangan Ryan Bertrand akibat mendapat kartu merah saat mereka kalah 0-1 dari tamunya Swansea City.

"Anda tidak dapat menyalahkan penampilan siapapun," kata Wenger kepada Sky Sports. "Mesut tampil baik. Kelihatannya ketajamannya telah kembali."

"Kami menghadapi permainan bertahan yang ketat. Bahkan pada kedudukan 4-0, 5-0, orang-orang akan berupaya bangkit. Kami ingin bermain kolektif dan menyerang sampai akhir."

Kekalahan ini membuat pasukan Paul Lambert -- unggul tiga angka di atas zona degradasi di peringkat ke-16 -- menorehkan rekor klub dengan enam pertandingan di liga tanpa raihan satu gol pun.

Klub Midlands itu, yang akan menjamu pemuncak klasemen Chelsea pada akhir pekan mendatang, telah melewati sepuluh jam 12 menit sejak Christian Benteke mencetak gol ke gawang Manchester United pada 20 Desember.

"Ini sulit. Ketika Anda tidak mencetak gol, Anda tidak memenangi pertandingan-pertandingan," tutur Lambert.

"Anda harus terus bekerja keras saat latihan dan mudah-mudahan itu mengubah situasi. Kami memiliki peluang-peluang untuk mencetak gol, namun Anda harus memaksimalkannya."

Ozil melakukan penampilan perdananya di liga sejak 5 Oktober dan ia segera memberi dampak dengan menggunakan bagian luar kaki kirinya untuk memberikan operan kepada Giroud.

Pemain Prancis itu hanya perlu menaklukkan Brad Guzan, dan setelah menguasai bola, ia dengan tenang mencungkilnya melewati kiper Villa itu untuk mencatatkan gol kelimanya dari enam penampilan terakhirnya di liga.

Sanchez Absen

Setelah upaya Cazorla membentur tiang gawang, Ozil menggandakan keunggulan Arsenal saat babak kedua telah berlangsung 11 menit, dengan menguasai bola operan dari Giroud dan menembakannya ke sudut bawah kanan gawang.

Walcott harus menanti lebih lama untuk bisa menjadi pemain inti di liga, di mana ia terakhir kali menjadi pemain inti pada Tahun Baru 2014 karena cedera lutut serius, dan ia menandai kesempatan ini dengan mengumpulkan bola operan Cazorla dan melepaskan tembakan melengkung yang berbuah gol pada menit ke-63.

Pertahanan Villa yang keropos membuat absennya Alexis Sanchez karena masalah otot paha belakang menjadi sangat merugikan Arsenal, dan setelah tandukan Giroud mengenai tiang gawang, Cazorla menambahi gol keempat melalui eksekusi penalti.

Bek muda Bellerin mendapatkan tempat untuk beraksi menjelang pertandingan usai, menyambut bola sodoran Cazorla dengan tembakan akurat dari jarak 19 meter yang bersarang di bagian kiri gawang Villa.

Terpicu oleh kemenangan atas Arsenal dan Manchester United, Southampton berupaya menggebrak sejak awal saat menghadapi Swansea di St Mary, di mana Nathaniel Clyne memberikan umpan kepada James Ward-Prowse untuk melepaskan tembakan yang masih dapat dihalau Lukasz Fabianski.

Namun setelah sepakan jarak jauhnya menghantam tiang gawang pada awal babak kedua, Jonjo Shelvey mencetak gol kemenangan Swansea pada menit ke-83 melalui tembakan yang bersarang ke sisi kiri kiper Fraser Forster dari jarak 24 meter.

Kapten Swansea Ashley Williams melakukan dua blok di garis gawang untuk menggagalkan Sadio Mane menyamakan kedudukan, sebelum Bertrand mendapatkan kartu merah karena pelanggarannya terhadap Modou Barrow, yang harus ditandu keluar lapangan.

"Itu merupakan gol bagus untuk mereka, namun saya pikir tim yang paling beruntung menang pada hari ini," kata pelatih Southampton Ronald Koeman.

"Mereka mencari satu angka, namun mendapatkan tiga angka. Kami harus menerimanya."

Gol Shelvey mendongkrak Swansea ke peringkat kesembilan, dan membuat Southampton hanya unggul selisih gol atas Arsenal di peringkat kelima sekaligus spot terakhir kualifikasi Liga Champions.

"Kami mengambil peluang-peluang kami ketika kami mendapatkannya dan semuanya, kami boleh bergembira," kata pelatih Swansea Garry Monk.

"Dengan kemenangan ini kami kembali ke jalur, dan itu adalah tembakan yang mengerikan dari Jonjo Shelvey."

(ant)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...