21 November 2017

Arema FC Atur Strategi untuk Kalahkan Persipura

KONFRONTASI -  Arema FC tak ingin menyiakan kesempatan kembali tampil sebagai kesebelasan utama di Liga 1 2017. Menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-15, pada Ahad (16/7), kesebelasan pelatih Aji Santoso tersebut, menargetkan kemenangan.

Asisten Pelatih Arema, Joko Susilo mengatakan, tim tamu kali ini terbilang berat. Tetapi, pertandingan di stadion Kanjuruhan, Jawa Timur (Jatim) nanti, akan menjadi kerugian besar bagi timnya, jika cuma mampu bermain imbang, apalagi kalah. "Kami tidak ingin kalah dari mereka," kata dia, seperti dikutip dari laman klub, Sabtu (15/7).

Joko menilai, kesebelasan Mutiara Hitam, sudah punya nilai lebih ketimbang Arema. Catatan dia para pemain dari Tanah Papua itu, punya stamina lebih saat di lapangan. Menurut dia, keunggulan utama para pemain asuhan Wanderley da Silva tersebut, harus mampu diatasi.

Demi meladeni permainan tim tamu kali ini, Joko mengungkapkan latihan lebih bagi pemainnya, terpaksa dilakukan. Terutama, soal masa pemulihan. Usai menang tandang melawan Persegres Gresik, pada Rabu (12/7), para penggawa Singo Edan, cuma diberikan waktu libur sehari.

Pelatih Aji, diterangkan Joko, menghendaki para pemain Arema, berlatih ekstra demi kemenangan dari Persipura. "Persipura tim yang dikenal punya stamina bagus. Kami harapkan betul, latihan yang sudah dilewati, dimanfaatkan maksimal," sambung Joko.

Optimisme Arema agar bisa menang dari Persipura, boleh dibilang ambisi yang wajar. Itu jika melihat kondisi kesebelasan juara Piala Presiden 2017 tersebut. Sejak pekan ke-12, Arema berhasil mendongkrak namanya sebagai tim papan atas di liga nasional.

Sebelum jeda Idul Fitri 1438 Hijriah, Arema berada di papan tengah klasemen. Tetapi, setelah regulasi PSSI menangguhkan kewajiban pemain U-23, kesebelasan tersebut, mampu bercokol di lima teratas. Saat ini, Arema bahkan menempati peringkat ketiga klasemen dengan nilai 25 angka.

Arema bersaing dengan kesebelasan peringkat kedua, Madura United yang punya nilai klasemen serupa. Dua kesebelasan itu, cuma terpaut dua angka dari tim pamuncak klasemen, PSM Makassar yang punya modal 27 angka. Posisi Arema di papan rangkuman hasil tanding, tak salah jika menjadikan laga di Stadion Kanjuhuran nanti, sebagai medan ambisi meraih tiga angka tambahan.

Pun, menengok catatan kandang Arema di Liga 1, sampai putaran ke-14, kesebelasan tersebut memang belum pernah kalah. Dari tujuh kali pertandingan di Kanjuruhan, Arema tercatat empat kali meraih kemenangan. Selebihnya, memang terbilang negatif dengan hasil imbang.

Arema, juga punya catatan baik dalam lima pertandingan terakhir. Kesebelasan tersebut merangkai tiga kali kemenangan dan dua kali hasil imbang. Kemenangan terakhir Arema, saat tandang ke stadion Petro Kimia, melawan Persegres dengan skor 2-3.

Catatan Arema atas Persipura, pun mengunggulkan tuan rumah. Lima kali pertandingan kedua tim, sejak 2015, Persipura cuma berhasil menang satu kali. Itu pun, ketika bermain di stadion Mandala Papua. Pertandingan di ISC A 2016 ketika itu, berakhir dengan skor 2-0.

Persipura, cuma punya satu catatan positif atas Arema, ketika bermain imbang 0-0, saat laga di Kanjuruhan dalam kompetisi tersebut. Hasil imbang lainnya, ketika keduanya bertemu di Piala Presiden 2016 di stadion Gianyar Bali. Laga ketika itu, juga berakhir imbang tanpa gol. Sedangkan dua pertandingan lainnya, Arema mendominasi Persipura.

Ambisi dan catatan baik Arema atas Persipura, boleh saja. Akan tetapi, Anak-anak Cendrawasih, musim ini juga bukan tak ingin juara. Juara ISC A 2016 itu, sempat berada di lingkaran tiga besar klasemen sementara, sebelum jeda Lebaran lalu.

Namun, kini kesebelasan tersebut, berada di peringkat kelima, dengan nilai 24 angka. Tim tersebut, bersaing dengan Bhanyangkara FC, dengan nilai serupa.

Hasil dua kali imbang dan sekali menang dalam tiga laga terakhir, membuat Persipura, terpaksa turun peringkat. Akan tetapi, ambisi meraih tiga angka dari Arema tentu ada dibenak para pemain Persipura. Dengan kemenangan di Kanjuruhan, akan mengembalikan kesebelasan tersebut, ke peringkat teratas Liga 1 musim ini.(Juft/Rol)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...