Alasan Luis Suarez Cocok dengan Strategi Pirlo di Juventus

Konfrontasi - Ada dua penyerang yang masuk radar pelatih Juventus, Andrea Pirlo, pada bursa transfer musim panas 2020. Kedua nama yang dimaksud adalah Edin Dzeko (AS Roma) dan Luis Suarez (Barcelona). Namun, untuk saat ini nama El Pistolero –julukan Suarez– yang santer dikaitkan dengan Juventus.

Menurut laporan Mundo Deportivo, Suarez merapat ke Juventus. Suarez kabarnya sudah melakukan diskusi dengan wakil presiden Juventus, Pavel Nedved, perihal wacana melanjutkan karier di Stadion Allianz.

Kehadiran Suarez bak angin segar bagi Juventus. Sebab dengan keberadaan Suarez, Juventus memiliki dua mesin gol. Sekadar informasi, sebelumnya Juventus mempunyai Cristiano Ronaldo yang di sepanjang musim 2019-2020 mengoleksi 37 gol.

Satu hal yang pasti, gaya permainan Suarez cocok dengan pola yang ingin dikembangkan Pirlo. Menurut laporan Football Italia, Pirlo membutuhkan penyerang yang tak hanya jago mencetak gol, namun juga piawai membuka ruang bagi pemain lain.

Membuka ruang yang dimaksud di sini adalah, si penyerang juga piawai memberikan assist kepada rekan-rekannya. Selain jago mencetak gol, Suarez yang berpaspor Uruguay juga andal menyuplai umpan matang kepada rekan setimnya.

Jumlah assist Suarez dalam beberapa musim terakhir menjadi patokannya, yang mana selalu menembus dua digit. Semenjak membela Barcelona, jumlah assist Suarez selalu menembus dua digit.

Di musim pertamanya pada 2014-2015, Suarez mencetak 23 assist. Kemudian pada 2015-2016 mengemas 24 assist, 2016-2017 (18), 2017-2018 (19), 2018-2019 (13) dan 2019-2020 (12).

Karena itu, kehadiran Suarez dipercaya membuat Cristiano Ronaldo semringah. Sebab, Ronaldo memilik tandem yang tak hanya jago mencetak gol, namun juga akan menyuplainya.

Ketika membela Real Madrid, Ronaldo memiliki Karim Benzema di sisinya. Meski Benzema terkenal memiliki naluri gol yang tinggi, Benzema dialihtugaskan oleh pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Saat itu, Zidane meminta Benzema menjadi tembok pemantul bagi Cristiano Ronaldo. Tembok pemantul di sini adalah, Benzema bertugas mengacaukan barisan pertahanan lawan yang berujung memberikan assist optimal kepada Ronaldo yang hingga kini masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Madrid. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...