4 - 0, Sergio Ramos dan Ansu Fati Bawa Spanyol Hancurkan Ukraina, Dari Pertandingan UEFA Nations League

KONFRONTASI -    Sergio Ramos dan Ansu Fati menjadi aktor kemenangan telak timnas Spanyol atas timnas Ukraina pada lanjutan UEFA Nations League 2020-2021.

Timnas Spanyol menghancurkan timnas Ukraina 4-0 pada duel kedua di Grup 4 Liga A UEFA Nations League di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Minggu (6/9/2020).

Sergio Ramos dan Ansu Fati menjadi protagonis kemenangan Spanyol berkat torehan gol mereka.

Ramos mencatat brace dari eksekusi penalti (3') dan sundulan lob (29').

Ansu Fati, yang melakoni debut starter di timnas senior Spanyol, menghiasinya dengan torehan brilian via tembakan dari luar kotak penalti (32').


Sementara itu, gol penutup disarangkan Ferran Torres (84').

Hasil ini merupakan kemenangan pertama timnas Spanyol di UEFA Nations League 2020-2021 menyusul skor imbang dengan Jerman pada matchday 1.Dalam pertandingan ini, sorotan utama mengarah kepada Ansu Fati, remaja ajaib 17 tahun yang baru pertama mencicipi tampil sejak menit pertama di timnas Spanyol. 

Pemain berdarah Guinea-Bissau itu terbukti tak demam panggung dan malah langsung tampil ganas.

Ansu Fati berkontribusi terhadap gol pertama yang dicetak Sergio Ramos melalui tendangan penalti.

Wonderkid Barcelona itu melakukan akselerasi menawan dari sisi kiri, mencoba mengecoh bek lawan di kotak penalti, lalu dijatuhkan paksa oleh Sergey Krivtsov.

 

Sergio Ramos cetak gol penalti untuk timnas Spanyol ke gawang Ukraina pada laga UEFA Nations League di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, 6 September 2020.
TWITTER.COM/DAGUITOVALDES
Sergio Ramos cetak gol penalti untuk timnas Spanyol ke gawang Ukraina pada laga UEFA Nations League di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, 6 September 2020.

 

Eksekusi Ramos bersarang ke pojok bawah gawang meski terbaca arahnya oleh kiper Andriy Pyatov.

Selanjutnya, ada dua peluang bagus dari Ansu Fati, masing-masing lewat tembakan jarak jauh yang melenceng, dan tendangan salto yang diblok badan bek lawan.

Pada menit ke-29, Ramos mencetak gol keduanya melalui sundulan lob brilian yang bikin kiper mati langkah.

Kapten Real Madrid itu menyarangkan bola selepas menerima umpan lambung Dani Olmo. Setelah itu, Ansu Fati akhirnya mencatatkan namanya di papan skor dengan cara spektakuler pada menit ke-32.

Selepas mengecoh para pemain Ukraina, dia melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti.

Bola mengenai tiang kiri gawang Pyatov sebelum memantul dan bersarang ke jala kiper gaek tersebut.

Berkat aksinya ini, Ansu Fati membukukan rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol.

 

Sergio Ramos memeluk Ansu Fati usai mencetak gol timnas Spanyol ke gawang Ukraina di laga UEFA Nations League, 6 September 2020.
TWITTER.COM/INFINITEMADRID
Sergio Ramos memeluk Ansu Fati usai mencetak gol timnas Spanyol ke gawang Ukraina di laga UEFA Nations League, 6 September 2020.

 

Ia berusia 17 tahun 311 hari, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Juan Errazquin dalam usia 18 tahun 344 hari pada 1925 silam.

Masuk babak kedua, anak asuh Luis Enrique tetap berupaya keras menambah gol.

Pada menit ke-62, dua peluang beruntun dimiliki La Furia Roja lewat tembakan Dani Olmo yang diblok Pyatov, kemudian korner menyusul.

Pada menit yang sama, Pyatov mengeblok tembakan jarak jauh Rodri, yang berujung gol Gerard Moreno.

Namun, gol itu dianulir wasit karena offside saat terjadi bola muntah. 

Menit ke-76, Pyatov kembali melakukan penyelamatan brilian menepis bola tembakan Oscar dengan ujung jari hingga mengenai mistar gawang.

Gol penutup pesta La Furia Roja akhirnya hadir melalui tembakan kaki kanan Ferran Torres.


Rekrutan anyar Manchester City ini berada dalam posisi tak terkawal saat menghantam bola lambung hasil umpan Jesus Navas yang dipantulkan kepala Krivtsov.

Skor 4-0 menutup pertandingan ini untuk keunggulan telak Spanyol, yang sampai melepaskan 24 tembakan, berbanding 3 percobaan saja milik Ukraina.

Hasil Pertandingan

Spanyol 4-0 Ukraina (Sergio Ramos 3'-pen., 29', Ansu Fati 32', Ferran Torres 84')

Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): 1-David de Gea; 22-Jesus Navas, 15-Sergio Ramos (Eric Garcia 61'), 4-Pau Torres, 21-Sergio Reguilon; 10-Thiago Alcantara, 16-Rodri (Oscar 69'), 6-Mikel Merino; 7-Dani Olmo, 9-Gerard Moreno (Ferran Torres 74'), 17-Ansu Fati. Pelatih: Luis Enrique

Ukraina (4-2-3-1): 12-Andriy Pyatov; 18-Oleksandr Tymchyk, 22-Mykola Matviyenko, 4-Sergey Kryvtsov, 16-Bogdan Mykhaylichenko; 14-Igor Kharatin (Igor Kharatin
Serhiy Sydorchuk 63'), 8-Ruslan Malinovsky; 7-Andriy Yarmolenko (Viktor Kovalenko 79'), 17-Oleksandr Zinchenko, 9-Roman Yaremchuk; 11-Marlos (Viktor Tsigankov 55'). Pelatih: Andriy Shevchenko. 

Tonton di sini videonya: https://www.youtube.com/watch?v=CJ3M_fGhR5I (jft/BOLASPORT)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...