Tumpukan Karung Beras Tempat Disembunyikannya Sabu Seberat 1 Ton

Konfrontasi - Kapal berbendera Singapura, Sunrise Glori, menyembunyikan 1 ton sabu ke dalam 41 karung beras. Bahkan, awak kapal menyamarkan tumpukan sabu tersebut dengan beras untuk mengelabuhi petugas saat melintasi Perairan Selat Philips yang berdekatan dengan perairan Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Saat pemeriksaan tim berhasil menemukan barang bukti Narkoba berupa sabu-sabu sebanyak 41 Karung Beras, dengan perkiraan berat lebih dari 1.000 kg (1 ton), barang-barang tersebut ditemukan di antara tumpukan karung beras dalam palka bahan makanan," jelas keterangan tertulis dari Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) dikutip dari Okezone, Sabtu (10/2/2018).

Dalam keterangan resmi Dispenal tersebut diketahui para Kapal MV Sunrise Glory di tangkap pada Rabu 7 Februari 2018 oleh KRI Sigurot-864 Koarmabar yang sedang melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Singapura.

TNI AL berhasil menangkap MV Sunrise Glory di Perairan Selat Philips, pada koordinat 01.08.722 U/103.48.022 T karena melintas diluar Traffic Separation Scheme (TSS) masuk perairan Indonesia dengan mengibarkan bendera Singapura, sehingga pergerakannya mencurigakan.

"Pemeriksaan awal seluruh dokumen yang ada di kapal diindikasikan palsu karena hanya terdapat foto copy dokumen bukan dokumen asli," tulis keterangan Dispenal.

Kemudian, pada Kamis 8 Februari 2018 pukul 16.00 WIB, dilaksanakan serah terima kapal Tangkapan dari KRI ke Lanal Batam. Selanjutnya, Jumat 9 Februari 2018 pukul 15.00 WIB, MV Sunrise Glory digeser dari Dermaga Batu Ampar ke Dermaga Lanal Batam, dan selanjutnya dilaksanakan pengecekan terhadap ABK Sunrise Glory oleh Tim WFQR Lantamal IV/Lanal Batam, BNN Pusat, BC Pusat dan BC Batam.

"Saat pemeriksaan tim berhasil menemukan barang bukti narkoba berupa sabu-sabu seberat 1.000 kg (1 ton)," demikian isi keterangan Dispenal. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...