Tuding Pilpres Curang, Relawan Joko-Kalla Siapkan Upaya Hukum

KONFRONTASI - Sejumlah relawan pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla yang teridiri dari Seknas Jokowi, Aliansi Rakyat Merdeka, Bara JP, Kawan Jokowi, Gerak Cepat Jokowi-JK, Gerakan 2 Juta Relawan Saksi, Jokowi4me dan Jasmev, menemukan berbagai kecurangan selama pemilu presiden 2014.

Kecurangan itu dianggap sangat merugikan perolehan suara pasangan yang diusung PDIP, Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI ini.

"Kami menemukan berbagai bentuk kecurangan, intimidasi, pencurian suara yang terjadi secara sistematis dan terstruktur yang jelas-jelas merugikan perolehan suara pasangan Jokowi-JK," kata Presidium Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, Muhammad Yamin dalam siaran persnya, Kamis (17/7).

Sehari sebelumnya, para relawan melakukan pertemuan untuk membahas persoalan ini kemudian mengeluarkan berbagai pernyataan sikap.

Yamin menegaskan, rangkaian kecurangan harus segera disikapi dan ditindaklanjuti oleh Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu. Dengan demikian, pesta demokrasi benar-benar menjunjung tinggi asas jujur dan adil.

Sedangkan Koordinator Barisan Relawan Jokowi Presiden, Sihol Manulang menyatakan bahwa relawan Jokowi-JK dari berbagai elemen akan melakukan semua upaya hukum.

"Upaya hukum sangat penting untuk menjaga suara dan mandat rakyat yang telah diberikan kepada Jokowi-JK. Meski secara hitungan real count sudah memenangkan Jokowi-JK," kata Sihol.

Berdasarkan hasil penghitungan real count tim kampanye nasional Jokowi-JK yang didasarkan pada rekapitulasi suara formulir C1 KPU, pasangan tersebut unggul atas Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Jokowi-JK unggul dengan perolehan prosentasi 53,46 persen, sementara Prabowo-Hatta memperoleh 46,54 persen.

"Kemenangan pasangan Jokowi-JK sebagaimana yang telah dapat dibuktikan dengan real count, telah dapat diverifikasi sesuai dengan catatan dan hasil rekap sejumlah kelompok relawan Jokowi-JK yang juga melakukan tabulasi suara baik berdasarkan C1 yang dieproleh dari KPU maupun dari saksi relawan di TPS," kata relawan Gerak Cepat Jokowi-JK, Chaerany Putri.

"Meskipun menang, tapi suara-suara yang diberikan rakyat untuk Jokowi-JK harus dijaga dan diperjuangkan dari berbagai bentuk kecurangan. Sikap elemen relawan Jokowi-JK sangat tegas untuk hal ini," kata Michael F Umbas, salah satu penggagas pertemuan gabungan relawan Jokowi-JK.[jpn/ian]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...