Tolak Rencana Penggusuran, Warga Luar Batang Siaga I

Konfrontasi - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, sudah memastikan akan menggusur kawasan permukiman Luar Batang April ini. Ahok akan membangun kawasan itu menjadi tempat wisata bahari dan religi di sekitar Masjid Luar Batang.

Imbas dari wacana ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, harus menggusur Kampung Akuarium, Pasar Ikan, dan sekitar Museum Bahari, untuk mewujudkan program tersebut.

Pemerintah Daerah Jakarta Utara sendiri berencana merevitalisasi Pasar Ikan Muara Baru, dan menggusur Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin, 11 April 2016, pukul 05.00 WIB. 

Warga pun menyatakan menolak rencana penggusuran ini, dan meminta Pemprov DKI memberikan penjelasan dan ganti rugi.

"Kami perlu sosialisasi mengenai pelaksanaan yang akurat, bahwa kami akan meninggalkan pasar ikan dengan jelas, dan hak kami, ganti kerugian atas tanah yang kami miliki," ujar seorang warga Kampung Akuarium dalam perbincangan di tvOne, Minggu (10/4/2016).

Dia pun menyatakan, warga sudah berkomitmen mempertahankan hak dan tanah mereka, sehingga tidak mau pindah sebelum Pemprov DKI memberikan ganti rugi yang sesuai.

"Kami tetap bertahan dan berjaga-jaga. Tidak anarki, kami hanya berjaga, kami akan tetap bertahan di kampung ini," jelasnya.

Warga pun menginginkan agar Presiden Joko Widodo ikut campur menengahi persoalan ini. Presiden saat mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2012 lalu, pernah berjanji untuk melegalkan Kampung Akuarium dan menata kawasan itu, bukan menggusurnya.

Di lokasi sendiri, Pemprov DKI sudah disiapkan untuk menggusur kawasan Luar Batang, Penajringan ini. Setidaknya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi dan TNI sudah bersiap-siap di lokasi.

Sementara itu, untuk memperlancar arus lalu lintas selama proses revitalisasi besok pagi, Polda Metro Jaya berencana membuat rekayasa lalu lintas.

Untuk arus lalu lintas dari Lodan yang akan melintas di Jalan Pakin, dialihkan ke Jalan Tongkol- Cengkeh - Kota. Kemudian, dari Penjaringan mengarah ke Pademangan, akan diarahkan melalui Gedong Panjang-Tiang Bendera. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...