Tekan Penyebaran Corona, Dewan Masjid Indonesia Himbau Jamaah yang Sakit Sholat di Rumah dan Bawa Alas Sujud Sendiri

Konfrontasi - Hingga saat ini, Jumat (13/3/2020) kasus Virus Corona di Indonesia telah berjumlah 34 orang. Dari jumlah itu, lima diantaranya telah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Dua dari lima orang yang telah dinyatakan sembuh itu merupakan pasien nomor 1 dan 3. Dilansir dari Liputan6.com, keduanya diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Namun mereka tetap dalam pengawasan dan tidak boleh melakukan aktivitas berat untuk sementara waktu.

“Jangan beraktivitas yang berlebihan. Makan yang cukup. Pokoknya istirahat dulu lah. Juga jangan terlalu banyak kontak dulu dengan orang lain. Tapi secara umum mereka sehat,” ujar Dirut RSPI Sulianti Saroso, Muhammad Shahril pada Jum’at (13/3).

Sementara itu walau menunjukkan tren positif, pemerintah tetap melakukan antisipasi waspada terhadap penyebaran virus tersebut. Salah satunya adalah Lembaga Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Ketua umum DMI, Jusuf Kalla, meminta kepada seluruh pengurus takmir masjid maupun mushalla untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat ibadahnya.

“Saya menghimbau kepada seluruh pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau mushalla, dengan teratur menjaga masjid,” ujar Jusuf Kalla dikutip dari Merdeka.com (13/3/2020).

Jemaah Sakit Harap Sholat di Rumah

Selain menghimbau kepada para pengurus masjid untuk menjaga kebersihan lingkungan, Jusuf Kalla (JK) juga menghimbau kepada para jamaah yang sedang terserang penyakit menular untuk sholat di rumah. Hal itu semata-mata dilakukan untuk mencegah lebih banyak orang yang terpapar Virus Corona.

Para Jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu agar melaksanakan Sholat di rumah hingga sembuh dan ikut mengawasi penyebaran dan penularan Virus Corona.

Selain itu jamaah harus melakukan upaya tanggap dan melaporkan jika ada warganya yang dicurigai terdampak Virus Corona, khususnya di sekitar masjid atau musholla.

Himbauan Tertulis

Secara resmi, Pimpinan Pusat (PP) DMI menghimbau kepada seluruh jajaran Pimpinan Wilayah (PW), Pimpinan Daerah (PD), Pimpinan Cabang (PC), dan Pimpinan Ranting (PR) DMI untuk bersama-sama melakukan langkah sanitasi bersama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan juga Takmir Masjid/Mushalla.

Dilansir dari laman resmi Dewan Masjid Indonesia, langkah sanitasi itu diantaranya sebagai berikut:

  1. Teratur menjaga kebersihan masjid/mushalla dengan cairan disinfektan.
  2. Menjaga kebersihan alas karpet dan alas sholat lainnya dengan rutin/kontan. Penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan.
  3. Menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan
  4. Menghimbau kepada jamaah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan atau kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing
  5. Meminta kepada jamaah yang sedang batuk, demam, atau mengalami gejala sakit seperti flu dan selesma untuk melaksanakan sholat di rumah hingga sembuh
  6. Ikut mengawasi penyebaran dan penularan Virus Corona (COVID-19) dan melakukan upaya tanggap atau melaporkan jika ada warganya yang dicurigai terdampak Virus Corona, khususnya di sekitar masjid atau mushalla. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...