24 June 2018

Sri Mulyani Bakal Jadi Menteri, Ini Reaksi Sekjen PDI Perjuangan

KONFRONTASI - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Tjahjo Kumolo pesimistis Sri Mulyani yang kini menjabat direktur pelaksana Bank Dunia itu bakal menjadi menteri.

“Saya secara pribadi tidak begitu tahu komposisi dan siapa yang duduk di kabinet ke depan. Saya tidak begitu yakin terhadap nama (Sri Mulyani) tersebut,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (13/10).

Meski begitu, menurut Tjahjo, kabar yang beredar memang demikian. Artinya, Sri Mulyani diharapkan dapat menempati pos kementerian. “Kan baru kabarnya (Sri Mulyani jadi menteri),” ujar Anggota DPR dari Fraksi PDIP ini.

Sebelumnya pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, A Tony Prasetiantono berpendapat bahwa figur Sri Mulyani perlu diakomodir untuk menjadi menteri. Sebab, kata Tony, dalam situasi perkembangan politik seperti sekarang, pasar berharap kabinet yang dibentuk berisi orang-orang profesional. “Saya dengar Pak Jokowi sudah menelepon Bu Sri Mulyani. Tapi, hasilnya apa, saya enggak tahu,” katanya.

Namun sejumlah pihak menyesalkan SMI kembali menjabat menteri. “Kalau itu benar (SMI jadi menteri), maka ini makin memperjelas keterlibatan asing dalam pemerintahan Jokowi,” kata Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar (FPG) Bambang Soesatyo saat dihubungi, Minggu (12/10).

Dia menambahkan, partai politik (parpol) yang tergabung dalam koalisi merah putih (KMP) bakal melakukan perlawanan keras mengingat SMI adalah perpanjangan tangan IMF dan Bank Dunia. "Akan ada perlawanan dari KMP di parlemen yang telah bertekad untuk membentengi kepentingan nasional dari para perampok asing yang kerap berkedok demokrasi dan bantuan ekonomi,” pungkas Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar ini.[bst/ian]

Category: 
Loading...