Sinyal Black Box Ditemukan, Panglima TNI Harap Bisa Segera Diangkat

Konfrontasi - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan informasi terbaru mengenai pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang diduga hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021).

Berdasarkan informasinya, lokasi black box yang diduga milik pesawat rute Jakarta-Pontianak itu telah ditemukan dan ditandai.

Hal ini dikarenakan adanya sinyal yang keluar dari benda diduga black box. Hadi berharap, black box tak terlalu lama dapat segera diangkat.

"Sehingga dapat menjadi bahan bagi KNKT untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut," ujarnya.

Tak hanya black box, ia juga berharap sejumlah barang bukti lainnya yang diduga berkaitan dengan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dapat segera diangkat.

"Mudah-mudahan berkat doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Rencana pengangkatan potongan-potongan pesawat yang saat ini berada di kedalaman kurang lebih 23 meter bisa segera diangkat," kata dia.

Sebelumnya, pihak Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) mengatakan akan segera mencari kotak hitam atau black box milik pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182.

Pencarian rencananya akan dimulai pada Minggu (10/1/2021).

Black box sendiri merupakan salah satu alat yang paling penting di dalam badan pesawat. Benda ini biasa dicari oleh tim pencari jika dilaporkan ada pesawat yang hilang kontak.

Tidak seperti namanya, black box berwarna oranye. Perangkat yang tidak bisa dihancurkan ini merekam semua data penerbangan.

Dilansir Deutsche Welle, pada dasarnya black box adalah perangkat perekam yang sangat dilindungi dan penting, sama seperti hard disk atau kartu memori.

Black box mencatat semua data penerbangan, selain percakapan di kokpit. (kcm/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...