21 August 2018

SBY: Masyarakat Belum Paham Pola Konvensi

KONFRONTASI-Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pola konvensi untuk menentukan sosok yang maju dalam pemilihan presiden oleh sebuah partai belum akrab di telinga masyarakat, meski dianggap sebagai pola yang baik.

"Konvensi capres yang dilaksanakan Partai Demokrat sesungguhnya cara terbaik menurut pendapat dan keyakinan saya mempersiapkan calon presiden yang siap berkompetisi dengan calon lain," kata SBY dalam keterangan pers setelah pengumuman pemenang konvensi capres Partai Demokrat di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Jakarta, Jumat petang.

Dijelaskannya, pelaksanana konvensi merupakan sistem dan tradisi politik yang baik.

"Barangkali di sini belum semua akrab dengan model atau sistem ini, padalah selama delapan bulan (pelaksanaan konvensi-red) kalau rakyat sungguh dengarkan ada 11 visi dan misi yang disampaikan dan bila itu diaplifikasi maka semua akan gamblang," kata Yudhoyono.

Para peserta konvensi capres Partai Demokrat dipandang memiliki kapabilitas, integritas, visi dan misi bahkan juga menyampaikan solusi apa yang hendak dilakukan saat memimpin Indonesia, ujar Yudhoyono.

"Namun demikian, elektabilitas 11 peserta konvensi belum setinggi tokoh-tokoh yang dianggap calon presiden papan atas, saya tidak berkecil hati karena saya tahu kemampuan para tokoh itu," ucapnya.

Ia menambahkan,"manakala saatnya nanti rakyat memberikan atensi yang cukup mengenai konvensi, maka tentu akan baik dalam pemilihan presiden mendatang." SBY berharap dengan komptensi yang dimiliki, maka 11 peserta konvensi Partai Demokrat di masa mendatang bisa berkompetisi lagi.

"Tidak pernah ada yang sia-sia, ini cara demokrasi, melalui merit sistem dan bukan atas suka atau tidak suka," tegasnya.

Sesuai dengan hasil survei dari tiga lembaga survei masing-masing Lembaga Survei Indonesia (LSI), Populis Centre dan Markplus Inside maka di antara 11 peserta konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Dahlan Iskan memiliki nilai tertinggi pada survei yang dilakukan di 33 Provinsi dengan jumlah responden 3.000 orang.

Ketua Panitia Konvensi Capres Partai Demokrat Maftuh Basyuni dalam laporannya mengatakan Dahlan Iskan berdasarkan survei menjadi pemenang konvensi Partai Demokrat.[an/ant]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...