Rizal Ramli: TNI Perlu siapkan Counter Cyber War, Bukan Cawe-Cawe Urusan Sipil

KONFRONTASI- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, negara perlu mengatur kehidupan dunia maya karena sudah menjadi arena baru dalam kehidupan sosial . Menanggapi pernyataan Panglima TNI ini, tokoh nasional Rizal Ramli (RR) mengingatkan langkah semacam itu sudah kejauhan sebab bukan tugas TNI dan pemerintah untuk mengatur dinamika masyarakat sipil. 

'' Mas Hadi Panglima TNI,, ini mah sudah kejauhan. Bukan tugas TNI ngatur dinamika masyarakat sipil. TNI perlu siapkan counter cyber war, untuk hadapi ancaman perang cyber dari negara negara lain. Bukan cawe-cawe urusan sipil,, aya-aya wae (ada ada aja) Mas Hadi,'' kata Rizal Ramli, Menko Ekuin Presiden Gus Dur.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta masyarakat berhati-hati dengan media sosial karena bisa dijadikan alat komunikasi politik.

Hadi menilai media sosial bisa jadi alat propaganda seperti fenomena Arab Spring.

RR menyarankan  penting demi kebaikan TNI dan negara, maka TNI perlu siapkan counter cyber war, untuk hadapi ancaman perang cyber dari negara negara lain, dan TNI tak perlu campur tangan urusan sipil (civil society).

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...