Rizal Ramli: Pak Nas Pahlawan Nasional, Jujur dan Tegas,Ibu Nas pernah Kesulitan bayar pajak PBB.

KONFRONTASI- Jendral TNI Abdul Haris Nasution adalah pahlawan nasional, jujur dan tegas. Sampai meninggal, keluarga Pak Nas hanya tinggal di rumah dinas. Tahun 2001, Ibu Nasution alm  kesulitan bayar pajak PBB. Sebagai Menko Ekonomi era Presiden Gus Dur,  tokoh nasional Rizal Ramli  (RR) putuskan untuk hibahkan rumah dinas itu utk keluarga Pak Nas.

RR mencuit hal itu di twiternya  menyusul koreksi kritis masyarakat Mandailing Indonesia yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Mandailing Peduli Identitas (KMMPI) atas Kamus Sejarah yang diduga hendak menghilangkan jejak tokoh bangsa yang mempunyai kontribusi besar dalam kelangsungan Republik. Jika benar hendak menghilangkan jejak para tokoh bangsa, maka KMMPI menilai Kamus Sejarah tersebut adalah narasi sesat dan menyesatkan bagi memori masa kini dan masa depan.

Dari Sumut, ada Zulkifli Lubis yang dikenal sebagai Bapak Intelijen karena dianggap sebagai peletak dasar berdirinya Badan Intelijen di Indonesia. Dan, Jenderal Besar Doktor Haji Abdul Haris Nasution, tokoh pengaman Pancasila, penyelamat bangsa dari berbagai macam pemberontakan pada masa awal bangsa ini didirikan. Tokoh penting dalam peristiwa Bandung Lautan Api ketika sekutu masuk ke Indonesia, serta tokoh penting dalam peletak dasar perang gerilya.

ImageImageImageImage

 

KMMPI  mengapresiasi usaha dan ikhtiar pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam membentangkan sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bentuk Kamus Sejarah, namun tidak boleh menghilangkan jejak para tokoh bangsa. KMMPI berbicara  lewat tiga jurubicaranya, Syahrir Nasution (deklarator KMMPI), Imsar Muda Nasution (sejarawan Mandailing), dan Ali Sati Nasution (jurnalis senior). 

Jenderal Nasution merupakan KASAD yang terlama di Indonesia. Dia pendiri Divisi Siliwangi, Panglima Pulau Jawa dan salah satu pencipta perang gerilya kaliber dunia. Dia berperan untuk memberantas pemberontakan PKI di Madiun, RMS, DI/TII di berbagai daerah, PRRI/Permesta dan G30S.
 
 
 
 
 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...