Rizal Ramli Miliki Aura Politik yang Kuat di Pilpres 2024, kata Analis Politik Ini

 KONFRONTASI- Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), DR Jerry Massie memprediksi, sejumlah tokoh yang menjadi calon alternatif pada capres 2024 mendatang telah memiliki elektabilitas relatif tinggi jika maju di Pilpres 2024.

Menurutnya, setidaknya ada empat kepala daerah yang berpeluang menjadi calon alternatif. Keempatnya yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, kata Jerry, masih ada lagi tokoh yang berasal kalangan profesional maupun akademisi yang memiliki peluang besar jika maju di Pilpres 2024. Figur tersebut yaitu mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli.

Jerry Massie

“Tokoh konservatif lainnya adalah Rizal Ramli. Mantan Menko Ekuin di era mendiang Presiden Gus Dur ini berpeluang, lantaran selain dekat dengan rakyat kecil, suka membantu terhadap kaum marjinal serta cinta dan peduli rakyat,” ujar Jerry Massie saat diskusi webinar dengan bertajuk “Menakar Peta Politik 2024” yang diselenggarakan oleh Political and Public Policy Studies (P3S), IB dan Pewarna beberapa waktu lalu.

Jerry mengatakan, Rizal Ramli bukan merupakan figur yang hanya melakukan politik pencitraan, tetapi tindakan nyata. Dia rajin turun ke tengah masyarakat kecil untuk menyapa mereka.

“Rizal calon alternatif dari kalangan profesional, akademisi dan aktivis. Suara lantangnya membela kelompok terdzolimi menjadi acuan baginya di Pilpres 2024” ujar Jerry.

Hanya saja, kata Jerry, Rizal Ramli bukan merupakan tokoh yang berasal dari partai politik. Tapi menurutnya, Bang RR memiliki aura politik yang cukup kuat.

“Calon presiden rakyat 2019 lalu ini memang tak didukung partai di parlemen tapi aura politiknya cukup kuat,” pungkasnya. (red)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...