24 April 2019

Rizal Ramli : Kecepatan Transformasi Pemerintah Lambat di bidang Energi

KONFRONTASI- Tokoh nasional/Ekonom senior Indonesia Rizal Ramli menanggapi masalah energi di Indonesia. Menurutnya ada hal yang harus dipahami oleh banyak pihak. Namun, yang terjadi saat ini adalah, dimana kecepatan pada transformasi yang dilakukan pemerintah Jokowi masih sangat lambat.

“Karena sederhana, misal saja dari segi PLN, beli listrik swasta dari batu bara hanya 5,5 sen, transmision cost 1,5 sent, PLN untung 2 sen, 9 sen sebetulnya sudah bagus. Dalam prakteknya, PLN jual ke konsumen hampir 12 sen. Menurut kami masih ada efisiensi yang bisa kita lakukan di dalam PLN, sehingga ada sisa untuk membiayai ongkos transformasi dari fosil ke non-fosil.

“Karena sebetulnya kalau PLN dipaksa harus beli soplar sebanyak mungkin, ya PLN nya rugi, kasihan PLN ini,” ujarnya, dalam sebuah acara bertema ‘Potret Ekonomi di Tahun Politk’ di TV One  malam ini.

Hal ini menurutnya harus diperhatikan, karena PLN harus beli listrik non fosil yang mahal, psati akan bermasalah keuangannya. “ Tapi jika pemerintah mensubsidi biaya ini ya tidak apa. Tapi menurut kami efisiennya adalah lakukan peningkatan efisiensi, dari situ untuk membiayai percepatan transformasi listrik,” tutupnya. (Fel)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...