12 December 2019

Rizal Ramli: Kebebasan Akademik Fondasi Penting Kikis Pikiran Radikalisme

KONFRONTASI- Keresahan dan isu mengenai radikalisme terus muncul setelah susunan menteri di Kabinet Indonesia Maju diumumkan dan dilantik Presiden Joko Widodo.Tokoh nasional, DR Rizal Ramli menilai bahwa isu radikalisme yang didengungkan pemerintah bukan hal yang aneh. Menurutnya, isu ini akan terus dimainkan dalam setahun pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin.


Tujuannya, sambung Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu adalah untuk menutupi peforma ekonomi yang diprediksi bakal kembali memburuk di tahun ini. Baca: Rizal Ramli Yakin Radikalisme Terus Digoreng Demi Tutupi Masalah Ekonomi
Terlepas dari itu, pria yang akrab disapa RR itu turut memberi pandangan mengenai radikalisme. Baginya, segala bentuk kekerasan oleh siapapun memang harus dihindari.

“Harus ditindak secara adil,” tegasnya dalam akun Twitter pribadi, Selasa (29/10).
  Dia kemudian mengurai satu pondasi yang bisa meminimalisasi merebaknya pikiran radikalisme di masyarakat. Pondasi itu adalah penciptaan ruang bagi kebebasan akademik.

“Kebebasan akademik adalah salah satu pondasi penting agar berbagai pikiran radikalisme bisa dikurangi,” urai mantan Menko Kemaritiman itu. (FF)
 
 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...