Ribuan Tenaga Pendidik Bakal Geruduk Istana Dalam 1805

KONFRONTASI-Pada Kamis (18/5) mendatang, para dosen dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam Ikatan Lintas Pegawai Perguruan Tinggi Negeri Baru (ILP-PTNB) akan menggelar aksi rasa yang mereka beri label Aksi 1805, guna menyuarakan tuntutan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Ketua ILP-PTNB Fadillah Sabri dalam pernyataan tertulisnya menyatakan, lebih dari 5000 dosen dan tenaga kependidikan di 35 PTNB sejak beberapa tahun terakhir statusnya kepegawaiannnya tak jelas.

Karena itu, ILP PTNB akan menggelar aksi di depan Istana, supaya aspirasi mereka didengar oleh Presiden Joko Widodo. Unjukrasa akan diikuti sekitar 1.000 orang dosen dan tenaga kependidikan dari 35 PTNB.

Di antara PTNB tersebut antara lain Universitas Veteran Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Tidar, Universitas Maritim Ali Haji, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Bangka Belitung, Universitas Samudera, Universitas 19 November Kolaka, Universitas Timor.

Kemudian Universitas Siliwangi, Universitas Borneo Tarakan, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Sambas, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Nusa Utara, ISBI Bandung, hingga ISBI Papua.

"Penegerian perguruan tinggi swasta menyisakan sejumlah masalah dan belum ada solusinya hingga kini. Salah satunya adalah SDM yang ada di kampus tersebut menjadi tidak jelas statusnya hingga kini. Bahkan ada PTNB yang terkatung-katung selama tujuh tahun sejak dinegerikan,” ujar dosen Universitas Bangka Belitung tersebut, Selasa (16/5).

Menurut Fadillah, status dosen dan tenaga kependidikan seluruh PTNB bukan lagi pegawai yayasan namun juga tidak PNS. Hal ini membawa konsekuensi yang cukup serius, termasuk bagi pengembangan karir dan kesejahteraan.(fat/jpnn)

Tiga tuntutan ILP-PTNB kepada Presiden Joko Widodo:

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...