Rakernas PDIP di Semarang Dihadri Jokowi-JK

KONFRONTASI-Presiden terpilih dan wakil terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Marina Convention Center, Semarang, Jumat.

Jokowi hadir mengenakan safari merah yang merupakan seragam PDIP sedangkan JK memakai batik lengan panjang berwarna cokelat. Kedatangan Jokowi-JK pukul 13.39 WIB beriringan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Baik Jokowi-JK maupun Megawati tidak memberi komentar dan langsung memasuki gedung. Mereka hanya melambaikan tangan seraya tersenyum.

Selang beberapa menit kemudian, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini datang disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada Rakernas yang dihadiri 1.590 kader partai itu, dihadiri pula semua ketua umum partai koalisi Indonesia hebat seperti Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, Ketua Umum PKPI Sutiyoso, dan Ketua Umum Partai Hanura serta Ketua Umum PKB Muhaimim Iskandar.

Dan kehadiran yang paling ditunggu-tunggu adalah perwakilan dari partai Koalisi Merah Putih, yakni PPP dan PAN.

Ketua Umum plt PPP Emron Pangkapi menghadiri Rakernas IV PDIP didampingi Wakil Sekretaris Jenderal Isa Muchsin.

Sedangkan dari Partai PAN, diwakili oleh Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edyk.

Kedatangan perwakilan dari partai PAN dan PPP mendapat sambutan tepuk tangan dari para kader partai PDIP. Akan tetapi, kepada wartawan keduanya belum memberi pernyataan bahwa kedatangan tersebut sebagai sinyal resmi untuk bergabung dengan koalisi Indonesia Hebat.

"Kami hadir atas undangan resmi dari PDIP kepada ketum PPP untuk menghadiri acara rakernas dan kita sambut undangan ini untuk meningkatkan hubangan yang lebih baik," ujar Emron.

Rakernas PDIP digelar pada 19-21 September 2014 sebagai momentum politik yang sangat penting bagi PDIP sekaligus merupakan moment of the truth bagi partai untuk mempersiapkan diri menjadi Partai Pemerintah.

Titik tolaknya adalah kemenangan yang diraih pada tahun 2014, baik pada Pemilu Legislatif maupun pada Pemilu Presiden. Oleh karena itu, Rakernas IV PDI Perjuangan akan diawali dengan sebuah pernyataan resmi oleh Ketua Umum Partai, Megawati Soekarnoputri, yang berdasarkan pasal 24 ayat (2) Anggaran Dasar mempunyai Hak Prerogatif untuk menyatakan secara resmi perubahan sikap politik PDIP sebagai partai pemerintah.(w/ant)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...