3 April 2020

Presiden Jokowi Berharap Semua Bandara di Indonesia Terhubung dengan Kereta Api

KONFRONTASI-Presiden Joko Widodo berharap semua bandara di Indonesia dapat terhubung dengan kereta api.

"Nanti semua airport, semua bandara akan dihubungkan dengan kota, dihubungkan dengan KA, bisa saja nanti LRT atau trem juga bisa, tergantung kotanya," kata Presiden saat meninjau Pembangunan Kereta Bandara di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang, Sabtu Malam (10/11).

Joko Widodo mengatakan pembangunan jalur kereta api bandara di Padang diharapkan selesai pada tahun depan, begitu juga dengan beberapa kota lainnya.

"Dari kota, stasiun di sini (stasiun Bandara BIM) dengan Skybridge semuanya sudah rencana tahun depan rampung. Di Jakarta (Jakarta-Bandara Soekarno Hatta) juga tahun depan selesai juga," harapnya.

Kereta bandara yang menghubungkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kota Padang memiliki jalur sepanjang 20 kilometer.

Menteri Perhubungan Iqnatius Jonan, saat menjelaskan kepada Presiden, mengatakan pembangunan jalur tersebut sudah berkisar 75 persen, sehingga dipastikan bisa tuntas di akhir 2015.

Jalur kereta api BIM ini tinggal menghubungkan dengan jalur reguler Padang-Duku (Kab Padang Pariaman) dengan membuat jalur baru sepanjang 3,9 kilometer.

Sementara untuk Kereta Api Bandara Jakarta yang menghubungkan Stasiun Manggarai dengan Bandara Soekarno-Hatta pada awalnya ditargetkan beroperasi penuh pada 2017 mendatang.(W/ant)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...