Pipa PDAM Bocor Kena Galian PLN, Warga Makassar Krisis Air di Tengah Pandemi Corona

Konfrontasi - Warga di wilayah Bumi Tamanlarea Permai (BTP) dan Paccerakkang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami krisis air di tengah pandemi virus Corona. Kondisi ini membuat mereka kesulitan menerapkan hidup bersih.

Krisis air ini bahkan sudah terjadi selama satu pekan, sementara warga setempat juga tidak mendapat kiriman air dari mobil tangki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

Humas PDAM Makassar, Muhammad Rusli mengatakan, kondisi ini terjadi karena ada kecelakaan kerja. Menurut dia, salah satu pipa penghantar utama PDAM terkena alat bor dari galian pemasangan kabel PLN sehingga air tak bertekanan atau loss.

"Pengeboran dilakukan secara horizontal di bawah tanah, sehingga pencarian titik bocor sulit terdeteksi," kata Rusli kepada wartawan di Kota Makassar, Sulsel, Minggu (29/3/2020).

Menurut dia, hal ini juga membuat air tak memiliki tekanan, lalu menembus ke permukaan jalanan. Kondisi juga dipersulit dengan jalanan yang telah dibeton.

Dia menyebut, akibat kejadian ini lebih 7.000 pelanggan Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar yang terkena imbas. Di antaranya daerah Paccerakkang, BTP, BTN Kodam I dan Yayasan Gubernur.

"Direktur Utama PDAM Makassar telah memerintahkan jajaran teknis fokus dalam penanganan ini sambil mengantisipasi kebutuhan air bersih pelanggan dengan armada mobil tangki," ujar dia. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...