26 September 2018

Pilgub Jatim dan Para Kandidatnya

Sejak Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa maju Pilgub Jatim 2018 melalui Partai Demokrat, santer beredar kabar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) enggan berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

 

PDIP tampaknya ingin kembali ke tradisi lawasnya, yakni mengusung calon gubernur (Cagub) dari kader sendiri. Seandainya kabar ini benar, maka dipastikan peta politik Pilgub Jatim akan dinamis. Bakal terjadi perubahan skema politik besar-besaran.

PDIP bukan partai kemarin sore. Tentu ada perhitungan matang untuk menolak tawaran koalisi PKB. Apalagi PDIP punya kader-kader potensial yang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi. Kalau bisa mengusung kader sendiri, mengapa harus ‘menghamba’ ke partai lain?

Pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekaranoputri dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini September silam, menjadi salah satu poin yang tidak boleh diabaikan. Konsolidasi “Sedap Malam” yang dihadiri Risma, Azwar Anas, Dahlan Iskan, Kanang Budi Sulistyo itu bisa jadi merupakan langkah awal kesiapan PDIP mengusung kader sendiri.

Baca: Risma Kembali Dilirik PDIP untuk Maju Pilkada Jatim

Desas desus kabar PDIP bakal mengusung kader sendiri sebenarnya sudah lama beredar. Sumber Nusantara.news menyebutkan, pemicunya ialah manuver PKB melalui surat 21 kiai untuk mendukung Syaifullah Yusuf (Gus Ipul). Kata sumber ini, PDIP yang menaruh harapan agar PKB bisa menyatukan seluruh kiai ternyata jauh panggang api.

“Sebelum datang ke Surabaya, Megawati mengirim utusan untuk bertemu 21 kiai di daerah Jatim. Tapi yang datang hanya 11 orang. Ini dianggap mengecewakan. Bagaimanapun juga hasilnya tetap disampaikan ke Megawati,” beber sumber yang tak asing di kalangan legislatif di Jatim itu.

Puncaknya saat Sekjen PDIP Hasto secara khusus menyampaikan pesan khusus Megawati ke Risma, Senin (9/10/2017). Indikasi PDIP mengusung kader sendiri pun semakin menguat dan peta politik siap-siap bergeser. Berikut ini prediksi skema Cagub dan Cawagub apabila PDIP akhirnya benar-benar mengajukan kader sendiri. [] nusantaranews)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  



Berita lainnya

loading...