Petugas Bandara Soetta Perketat Masuknya iPhone X, Penumpang Pesawat Digeledah

KPONFRONTASI -  Sejak diluncurkan beberapa hari lalu, banyaknya warga Indonesia yang berburu iPhone X di Singapura.

Akibatnya petugas Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta kini memperketat pemeriksaan penumpang asal dari Singapura yang baru tiba di tanah air.

Di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng tidak seperti biasanya. Saat penumpang melewati bea cukai semua barang bawaan diminta untuk diperiksa tanpa terkecuali tas jinjing dan bagasi diminta melewati proses X Ray.

iphone

Adapun yang diincar petugas Bea dan Cukai adalah penumpang yang membawa Iphone X sebab telepon genggam ini terbilang harganya selangit hingga melewati batas harga yang telah ditetapkan.

Robert Leonard Marbun, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai menegaskan selama barang bawaan nilainya melebihi ketentuan maka akan dikenakan wajib bayar bea masuk atau PPN 10 persen dan PPH 20 persen.

Robert menjelaskan aturan terkait pengenaan pajak bagi impor barang penumpang tertuang dalam PMK Nomor 188 Tahun 2010 dimana batasan yang ditetapkan untuk individu perorangan sebesar 250 dollar AS dan bawaan sekeluarga sebesar 1.000 dollar AS.

Sedangkan harga iPhone X dengan kapasitas 256 GB dipatok 1.880 dollar Singapura atau setara Rp 18,6 juta perunit.

Dengan demikian bagi penumpang yang membawa barang tersebut kendati dibebaskan dari bea masuk namun tetap harus membayar pajak PPN 10 persen atau Rp 1.860.000, tarif PPh 20 persen. atau Rp 3.720.000, sedangkan tarif PPNBM 0% total yang harus dibayar Rp 5.580.000 per buah, hitungan ini jika masyarakat tidak memiliki NPWP. (Jft/PKT)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...