Penajam Paser Utara Masih Kurang Guru

Konfrontasi - Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih kekurangan tenaga guru pada semua tingkatan pendidikan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara Marjani saat dihubungi di Penajam, Sabtu (7/11) mengatakan, jumlah guru di daerah itu belum mencukupi terutama pada sekolah baru.

"Tiga sekolah baru, yakni SMP Negeri 23 dan SMP Negeri 25 dan SMK Negeri 6 di Desa Semoi II, Kecamatan Sepaku masih kekurangan guru sekitar 100 orang," kata Marjani.

Dengan masih kekurangan tenaga guru tersebut Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pemetaan jumlah guru melalui UKG (uji kompetensi guru) yang akan digelar pada 9-20 November 2015.

"Pelaksanaan uji kompetensi yang didampingi oleh pemerintah pusat itu untuk pemetaan jumlah guru di Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.

Selain pemetaan jumlah guru, menurut Marjani, uji kompetensi itu juga untuk mengetahui kemampuan mengajar para tenaga pendidik atau guru di wilayah Penajam Paser Utara sekaligus sebagai penyegaran kemampuan para guru.

"Jadi, selain untuk mengetahui kemampuan mengajar para guru, UKG juga untuk mengetahui jumlah kekurangan guru secara keseluruhan di Kabupaten Penajam Paser Utara," ujarnya.

Ia menyatakan, uji kompetensi guru itu wajib diikuti oleh semua guru di wilayah Penajam Paser Utara, meskipun tidak berkaitan dengan tunjangan.

UKG bukan menjadi indikator dalam menilai baik atau tidak seorang guru, namun untuk mengukur kompetensi para guru sehingga kedepan dapat dibina agar para guru memiliki kualitas yang lebih baik. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...