Peduli Bencana Asap, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Sejuta Masker

KONFRONTASI-Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban asap di Sumatera dan Kalimantan, puluhan wartawan yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Lintas Media (IJLM) menggelar aksi nyata “Sejuta Masker untuk Wilayah Terkena Asap” dilakukan di acara Car Free Day, Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta.

Di salah satu lokasi di sana, IJLM memasang sebuah poster berukuran besar bertuliskan “Ketika Berita Lambat Direspon Pemerintah. Jangan Hanya Berteriak Peduli, Ayo Kita Bantu Saudara Kita, Aksi Sejuta Masker untuk Wilayah Terkena Asap” #Jurnalis Peduli Asap.

Ketua IJLM, Wahyu, mengatakan ikut merasakan penderitaan para korban bencana asap. Media, kata Wahyu, bersentuhan langsung dengan para korban ketika menjalankan tugas jurnalisme.

“Kenapa kami melakukan ini, karena kami para jurnalis bersinggugan secara langsung dengan para korban. sebentar saja nyesek bagaimana dengan mereka yang berhari-hari berbulan-bulan menghirup asap,” kata Wahyu, di sela-sela aksinya di Bundaran HI, Minggu (11/10).

Aksi tersebut akan dilakukan IJLM tidak berbatas waktu, tergantung kondisi para korban asap baik di Sumatera dan Kalimantan. Itu karena para jurnalis juga ingin melakukan sesuatu bagi para korban, disaat pemerintah abai dengan tanggung jawabnya.

“Dalam aksi ini kami mengumpulkan donasi dalam bentuk masker, juga dana. Dana yang diperoleh nantinya kita belikan masker. Kami akan ke lokasi langsung, kalau di Riau yang membutuhkan, kami ke Riau, kalau di Palembang ya ke Palembang. Ini bentuk kritikan bagi pemerintah yang lamban,” pungkasnya.[mr/jpn]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...