Obama Mengaku Kenal Asia Tenggara Sejak Kecil

Konfrontasi - Presiden Amerika Serikat (AS) mengaku mengenal pertama kali masyarakat dan keindahan Asia Tenggara sejak kecil ketika tinggal di Indonesia selama beberapa tahun.

"Sebagaimana diketahui, saya pertama kali mengenal masyarakat dan keindahan Asia Tenggara sebagai anak kecil, waktu saya tinggal di Indonesia beberapa tahun dengan ibu saya," kata Presiden Obama ketika memberikan opening remarks dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN di Sunnylands, California, Senin sore waktu setempat atau Selasa pagi (16/2) waktu Jakarta dengan perbedaan waktu California lebih lambat 15 jam dari Jakarta.

Sebagai Presiden AS, Obama mengaku mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke hampir semua negara di ASEAN.

Menurut dia, semua delegasi KTT AS-ASEAN yang hadir dan masyarakat ASEAN selalu menunjukkan keramahtamahan yang luar biasa.

"Dan saya berharap, saya bisa membalas keramahtamahan dalam beberapa hari ini," katanya.

Dalam sambutannya, Presiden Barack Obama mengatakan bahwa ia senang sekali menyambut para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN dalam pertemuan bersejarah ini.

"Ini pertama kali Amerika Serikat menjadi tuan rumah untuk AS-ASEAN. Ini mencerminkan komitmen pribadi saya, komitmen Amerika Serikat kepada negara masing-masing dan kepada masyarakat ASEAN," katanya.

Ia sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Laos yang menjabat ketua ASEAN sekaligus Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Ketua (ASEAN) bersama saya, dari Laos, Sekjen Minh, kesepuluh negara ASEAN yang hadir hari ini," katanya.

Dalam retreat 1 pertemuan KTT AS-ASEAN tema yang diambil yakni Promoting an Innovative, Entrepreneurial ASEAN Economic Community. Pertemuan bertempat di Interactive Gallery Sunnylands Center & Gardens. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...