Mesin dan Roda Lion Air Sudah Tiba, KNKT: Akan Kami Teliti

Konfrontasi - Tim SAR telah menemukan mesin dan roda pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat. Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT akan meneliti komponen tersebut.

"Apabila sudah diserahkan kepada KNKT maka kami akan lakukan penelitian terhadap komponen tersebut," ujar Ketua KNKT Nurcahyo Utomo di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu, 4 November 2018. 

Untuk itu, ia akan mencari tahu posisinya sebelah kiri atau sebelah kanan pesawat, maka akan dilakukan penelitian lebih dalam. Sedangkan untuk roda pesawat itu bagian belakang.

"Kami analisa kira-kira penyebab kerusakan dan informasi yang bisa didukung investigasi," ujarnya. 

Saat ini, menurut dia, KNKT masih bersama NTSB Amerika Serikat mencoba mengumpulkan data yang sudah didapat selama 7 hari. Pihaknya sudah memilah-milah data yang relevan dan masih mencari lagi data yang kurang. 

"Dari Amerika NTSB dibantu Boeing dan FEE dari general elektrik total rombongan ada 17 orang, dari Singapura ada 3 orang yang bantu pencarian black box dan satu orang membantu proses download FDR," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Singapura jadi ada 4, kemudian Australia ada 2 orang untuk bantu download, Saudi Arabia ada 2 orang statusnya observer untuk belajar melakukan investigasi, tidak terlibat mereka." (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...