15 June 2021

Mayoritas Responden LSI Dukung SBY Keluarkan Perppu

KONFRONTASI - Survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, mayoritas respondennya mendukung langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengeluarkan perppu pilkada langsung. “Mereka yang mendukung sangat mayoritas. Sebesar 75,2 persen publik menyatakan setuju dengan rencana Presiden SBY itu. Hanya 19,4 persen yang menyatakan tidak setuju dan sisanya 5,4 persen yang tidak menyatakan pilihannya,” ujar peneliti LSI Fitri Hari di Jakarta, Kamis (2/10).

Dikatakan, temuan itu berdasarkan survei LSI yang dipimpin Denny JA pada 29 September hingga 1 Oktober 2014. Survei dilakukan melalui quick poll dengan handset yang bersistem. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 persen. Adapun survei dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia. “Kami juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif melalui metode analisis media, focus group discussion, dan in depth interview,” ujarnya.

Dikatakan, publik yang setuju terhadap langkah Presiden SBY itu merata di semua segmen masyarakat. Laki-laki maupun perempuan, mereka yang tinggal di desa atau di kota, berpendidikan tinggi atau rendah, serta wong cilik atau masyarakat kelas menengah atas. Mayoritas pemilih partai koalisi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pun setuju dengan kehadiran perppu.

Menurut Fitri Hari, tingginya persetujuan itu disebabkan masyarakat berharap hak konstitusional memilih pemimpin dapat pulih kembali melalui perppu. Segmen masyarakat menengah kota lebih setuju lagi, karena lebih sensitif dengan hak-hak politik mereka.

Selain menyetujui pembuatan Perppu, mayoritas publik mengapresiasi langkah Presiden SBY sebagai cara untuk menyelamatkan demokrasi di Indonesia. Sebanyak 75,6 persen masyarakat menyatakan kalau SBY telah menyelamatkan demokrasi dan hak politik rakyat melalui perppu. “Hanya 14,2 persen publik yang menilai sinis dan menganggap langkah Presiden SBY mengeluarkan Perppu tidak demokratis,” ujarnya.[ian/bs]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...