Mayoritas OTG, 29 Pedagang di Palembang Positif Covid-19

Konfrontasi - Sebanyak 29 pedagang pasar tradisional di Palembang dinyatakan positif Covid-19. Mayoritas pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan menjalani isolasi mandiri.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Palembang Yudhi Setiawan mengungkapkan, pedagang positif dengan rincian 27 dari Pasar Kebon Semai Sekip dan dua pedagang Pasar Kebun Bunga Sukarami Palembang. Pedagang Pasar Sekip Semai disinyalir tertular dari seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia dan hasil uji swab positif. Sedangkan pedagang Pasar Kebun Bunga tertular dari istri salah seorang pedagang.

"Dalam catatan kami ada 29 pedagang pasar tradisional positif Covid-19 yang diketahui sejak akhir bulan lalu," ungkap Yudhi, Minggu (21/6/2020).

Dikatakanya, seluruh pedagang di dua pasar itu dan orang-orang terdekat pasien telah dilakukan rapid tesd dan swab yang kini menunggu hasil pemeriksaan. Pelacakan terus dilakukan dengan meminta keterangan pasien terkait orang yang kontak dengannya.

"Sejauh ini sudah ada sekitar 130 orang yang diperiksa. Yang reaktif dari rapid test kita lakukan uji swab, sementara keluarga pasien semuanya diambil swab, masih menunggu hasil," ujarnya.

Menurut dia, mayoritas pedagang yang positif berstatus OTG. Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat dan beberapa diantaranya karantina di PDP Center Wisma Atlet Jakabaring.

"Dalam waktu dekat kita akan lakukan uji swab kedua untuk mengetahui status diagnosanya, apakah sudah sembuh atau belum," pungkasnya. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...