Mantan Wakapolri Minta Komjen Listyo Buktikan Komitmennya Hukum Tidak Tumpul ke Atas

Konfrontasi - Mantan Wakapolri Adang Darajatun berharap kapolri yang baru Komjen Listyo Sigit Prabowo bisa merealisasikan pernyataannya soal hukum tak boleh hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Adang minta Listyo bisa membuktikan omongannya.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS itu menekankan Listyo bisa mewujudkan Polri sebagai lembaga penegak hukum yang adil. 

“Jelas sekali penekanan tentang tidak ada istilahnya hukum tajam ke bawah lalu tumpul ke atas,” kata Adang, Jumat 22 Januari 2021.

Adang mengingatkan, penegakan hukum harus ditegakkan berbasis rasa keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Kita mengharapkan betul-betul rasa keadilan bagi masyarakat dalam konteks penegakan hukum, itu harus betul-betul dirasakan oleh masyarakat," ujar eks wakapolri periode 2004-2006 itu.

Selain itu, Adang mengingatkan Polri ke depan harus mampu bersikap rendah hati. Namun, tetap memiliki ketegasan. Ia bilang mesti buktikan tak pandang bulu dalam penegakan hukum.

“Harapan-harapan masyarakat terutama, Polri ke depan adalah Polri yang sangat humble tetapi tetap tegas,” jelasnya.

Kemudian, ia memuji makalah dan presentasi Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR beberapa hari lalu. 

“Ia telah memberikan suatu jawaban yang memang menjadi harapan bagi masyarakat pada saat uji kelayakan kemarin,” katanya.

Seperti diketahui, Listyo Sigit sudah disetujui DPR untuk menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai kapolri. Listyo sudah melewati tahapan fit and proper test di Komisi III DPR. Pun, Rapat Paripurna DPR juga sudah sepakat menyetujui eks kapolda Banten itu memimpin korps Bhayangkara menggantikan Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...