KPU Butuh Waktu Tetapkan Hasil Pilpres 2014

KONFRONTASI - Rapat pleno penetapan hasil pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) 2014 direncanakan berlangsung pukul 20.00 WIB. "Kami butuh waktu siapkan administrasi agar tertuang dalam surat keputusan segala sesuatu yang telah dicermati. Supaya benar-benar angka yang masuk adalah angka yang sudah dipaparkan dan dibahas. Kami skors hingga pukul 20.00 WIB dengan agenda penetapan hasil rekapitulasi dan calon terpilih untuk pilpres 2014," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik sebelum menutup rapat rekapitulasi, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (22/7).

Dia menegaskan, perolehan suara berdasarkan proses rekapitulasi tidak akan berubah. "Kami ingin semua sempurna. Karena itulah disiapkan sertifikat rekapitulasinya," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam interupsinya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Tjahjo Kumolo meminta penegasan KPU terkait walk out (penarikan diri) saksi tim Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Merespons saran Tjahjo, Husni menyatakan, saksi mempunyai hak untuk hadir serta tidak dalam setiap penyelenggaraan kegiatan KPU.

Sekadar diketahui, KPU awalnya menjadwalkan pengumuman dan penetapan hasil pilpres pada pukul 16.00 WIB, hari ini. Penetapan itu akhirnya diundurkan hingga pukul 20.00 WIB.[ian/bs]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...