22 July 2019

Kepergok Plesiran, Setya Novanto Diisolasi di Lapas Gunung Sindur

KONFRONTASI-Setya Novanto awalnya mengajukan izin untuk berobat ke RS Santosa di Bandung, tetapi akhirnya dia tepergok mendatangi toko bangunan di wilayah Padalarang, Jawa Barat. Gara-gara kasus ini, dia diisolasi di Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Liberti Sitinjak menjelaskan awalnya Novanto memang dirawat di rumah sakit Santosa Bandung sejak tanggal 12 Juni 2019. Novanto dijadwalkan pulang pada, Jumat (14/6/2019) kemarin.

"Nah hari Jumat menurut dokternya sudah bisa pulang. Lalu petugas pengawal telepon ke kantor untuk dijemput," ucap Liberti saat dikonfirmasi, Sabtu (15/6/2019).

Kemudian, sekitar pukul 13.45 WIB, Novanto meminta izin kepada petugas pengawal untuk ke lantai dasar. Sementara Novanto dirawat di lantai 8 rumah sakit tersebut.

"Dia permisi ke bawah alasannya untuk bayar perawatan administrasi," kata dia.

Petugas lantas mempersilakan turun ke bawah tanpa pengawalan. Sebab saat Novanto minta izin, koruptor proyek e-KTP itu menggunakan kursi roda dengan istrinya.

"Anak buah kita itu terlalu percaya, sehingga dia tidak ikut ke bawah karena masih banyak barangnya di kamar perawatan," kata Liberti.

Petugas pengawal lantas menunggu di ruang perawatan Novanto. Namun, sudah sampai 2 jam lamanya Novanto tak kunjung kembali ke ruang perawatannya.

"Saat di cek ke bawah ternyata enggak ada. Dia (pengawal) tunggu-tunggu, baru masuk atau kembali lagi pukul 17.45 WIB," kata Liberti.

Sekembalinya ke rumah sakit, Novanto langsung dibawa kembali ke Lapas Sukamiskin. Ia dan pengawalnya diperiksa terkait temuan kabar pelesiran ke Padalarang. Liberti lantas mengambil tindakan dengan memindahkan Novanto ke Rutan Gunung Sindur.

"Ini ada kelalaian, anak buah kita terlalu percaya. Saya minta maaf kepada publik. Anak buah saya belum menjalankan SOP dengan baik," katanya.

Novanto langsung dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur pada Sabtu, (15/6) dini hari. Novanto ditempatkan di sel isolasi dengan keamanan ketat pada rutan tersebut.

Selain itu, kata Liberti, Novanto tak akan bebas keluar masuk selnya saat di Gunung Sindur. Termasuk izin berobat pun akan jauh lebih sulit didapat Novanto.

Sementara itu, Novanto dan pengawalnya masih akan diperiksa terkait peristiwa tersebut. Kemenkum HAM menduga ada pelanggaran prosedur pada saat petugas melaksanakan tugasnya. Nantinya akan ada sanksi administratif jika ditemukan adanya pelanggaran bagi petugas pengawal.

Diketahui, Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker. Dalam foto itu Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah yang merupakan istrinya, Deisti Astriani Tagor.(mr/dtk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...