21 August 2018

Kaum Muda PDIP dan Akademisi Minta Rizal Ramli Bantu Jokowi

KONFRONTASI-  Permintaan pada ekonom senior Dr Rizal Ramli agar masuk dalam kabinet Jokowi-JK (Joko Widodo dan Jusuf Kalla)  makin menguat. Beberapa waktu lalu dukungan dan permintaan datang dari kalangan muda PDI Perjuangan. Belakangan kalangan akademisi menyuarakan hal serupa.

Direktur Eksekutif IndoStrategi, Andar Nubowo MA, misalnya, mengatakan Rizal Ramli merupakan  kandidat terbaik mengisi posisi Menko Perekonomian. Rekam jejak Rizal Ramli, kredibilitas serta integritasnya menurut Andar yang juga dosen Fisip  UIN Syarif Hidayatullah, sudah teruji. ''Rizal sangat berintegritas dan kompeten.'' kata Andar, alumnus EHESS Perancis.

Akademisi Universitas Paramadina, Dr Herdi Sahrasad dalam perbincangan beberapa saat lalu menyampaikan pernyataan serupa. Bahkan menurut Herdi, Rizal Ramli yang kini adalah salah seorang anggota Panel Ahli PBB untuk UNDP, pantas ditempatkan sebagai Menko Polhukam dan Menko Perekonomian. "Bang Rizal (Ramli) bisa ditempatkan Jokowi pada dua posisi itu untuk melakukan revolusi mental kelembagaan di bidang ekuin atau polhukam," ujar mantan peneliti tamu di Monash University Australia, Indiana University AS, Departemen Ilmu Politik Univ. California  Berkeley dan Southeast Asia Center, Universitas Washington Seattle, AS itu.

Menurut hemat Herdi, sepanjang pemerintahan SBY terjadi krisis yang begitu parah di tubuh pemerintahan sehingga negara mengalami kebocoran finansial yang cukup besar. Pemerintahan SBY pun meninggalkan warisan berupa utang luar negeri yang besar. "Kebobrokan terjadi di sektor ekonomi, sosial dan hukum," tambahnya.

Masih menurut Herdi, penilaian tokoh Muhammadiyah Syafii Maarif yang mengatakan Rizal Ramli sebagai tokoh revolusioner di era reformasi, dapat dijadikan Jokowi sebagai referensi. Sebelumnya, aktivis PDIP yang juga Sekjen Jaringan Aktivis ProDem Firman Tendry meminta dan "memerintahkan" Rizal Ramli membantu Jokowi. Menurut Tendry, hanya Rizal Ramli yang bisa membantu Jokowi tanpa melanggar konstitusi, menggadaikan NKRI dan melukai hati rakyat kecil. (fajar/rmol)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...