Kasatgas Covid-19: Warga Bisa Jadi Pahlawan Kemanusiaan, Begini Caranya

Konfrontasi - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk menjadi pahlawan kemanusiaan.

Caranya? Cukup dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yakni, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Diketahui, virus korona atau Covid-19 ditularkan oleh manusia atau orang-orang yang ada disekitar. Virus ini sangat berbahaya bagi mereka yang mempunyai penyakit bawaan.

Berdasarkan data, Doni menyebutkan, 85 persen angka kematian Covid-19 adalah mereka yang kelompok rentan yaitu lansia dan mereka yang punya penyakit penyerta.

Namun, bukan berarti anak muda menjadi lengah. Sebab, mereka juga bisa tertular atau menjadi carrier (yang membawa penyebaran Covid-19).

Karena itu, langkah antisipasi yang dilakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan 3M. Selain itu, dikatakan Doni, harus juga dilengkapi dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

“Kita harus bersabar menghadapi musibah ini, dengan bersabar diharapkan bisa mengendalikan diri, kita diminta untuk patuh kepada protokol kesehatan,” ujarnya dilansir dari JawaPos.com, Sabtu (17/10/2020).

Lebih lanjut, Doni mengatakan, disiplin protokol kesehatan belum sebanding dengan perjuangan, pengorbanan dan penderitaan para tenaga medis yang merawat pasien di rumah sakit. Apakah itu pasien Covid maupun pasien non-Covid. Dia menyebut, tidak sedikit dokter umum yang juga akhirnya wafat karena terpapar Covid-19.

Doni menambahkan, selain disiplin menerapkan 3M dan meningkatkan keimanan, masyarakat juga harus meningkatkan imunitas tubuh dengan cara olahraga yang teratur, istirahat yang cukup. Kemudian tidak berada dalam kerumunan serta makan makanan yang berkualitas.

“Supaya kita bisa membantu menghindari masyarakat terpapar Covid-19 dan apa yang kita kerjakan setelah di kemudian hari akan mendapatkan balasan dan pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala,” tandasnya. (pj1/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...