Kapolda: Pilkada di Jatim Aman

Konfrontasi - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji menyatakan jika pelaksanaan pemilu kepala daerah di Jawa Timur berjalan dengan aman, tanpa adanya kendala yang berarti.

"Saya sampaikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Jawa Timur berjalan dengan aman dan lancar," katanya saat melakukan inspeksi di Kantor Polres Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (9/12).

Ia mengemukakan, saat ini seluruh anggota kepolisian juga sudah melakukan antisipasi sistem pengamanan terutama yang ada di masing-masing kepolisian resor.

"Kami dari Polda Jatim juga membantu penuh. Selain itu, dari Polda juga melakukan pemantauan daerah-daerah rawan yang ada di Jawa Timur," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan juga tokoh agama supaya pelaksanaan pemilihan kepala daerah berjalan dengan kondusif.

Disinggung terkait dengan konferensi jarak jauh yang dilakukan jajaran Polda Jawa Timur dengan Kapolri, menurut dia, sudah melaporkan kondisi terkini kepada Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan.

"Kami dari Polda Jawa Timur, Gubenur Jatim, Pangdam V Brawijaya sudah melaporkan kepada Pak Menkopolhukam, Kapolri Badrotin Haiti dan juga Komisioner Bawaslu terkait kondisi keamanan di Jawa Timur," tuturnya.

Dalam laporan tersebut, dirinya juga mendapatkan pengarahan secara umum terkait dengan pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah.

"Pak Menkopolhukam ingin mengetahui secara langsung keberlangsungan pengamanan pemilihan kepala daerah yang ada di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dirinya menyebutkan, pihak kepolisian sudah menyiapkan sebanyak 22 ribu anggota, unsur TNI sebanyak 6 ribu personel dan juga 68 ribu unsur binmas.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang mendampingi inspeksi tersebut mengatakan kalau pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun ini berjalan dengan lancar.

"Konsep pemerintah pusat dengan pelaksanaan pemerintah melalui pelaksana jabatan ini sudah cukup bagus," tambahnya. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...