27 February 2020

Joko-Kalla Unggul di Kediri, Prabowo-Hatta Menang di Gresik

KONFRONTASI - Di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Republik Indonesia (Capres–Cawapres) Nomor urut satu  Prabowo Subianto–Hatta Radjasa unggul di 13 Kecamatan, sedangkan Capres–Cawapres  Nomor urut Dua Joko Widodo–Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memenangi lima Kecamatan di Gresik Selatan, Rabu (16/7/2014).

Dalam rapat Pleno Penetapan Hasil Rekapitulasi Suara tingkat Kabupaten Gresik, pasangan Capres – Cawapres Prabowo-Hatta meraih 350.955 suara atau 52,9 persen sedangkan Capres–Cawapres Jokow –Jk meraih 312.496  suara atau 47,1 persen.

Dari 18 Kecamatan di Kabupaten Gresik  Capres – Cawapres Prabowo-Hatta meraih suara terbanyak dari 13 Kecamatan sedangkan Capres–Cawapres Jokowi–JK unggul di lima Kecamatan.

“Tingkat partisipasi masyarakat mencapai 670.997 atau 74 persen  dari total daftar pemilih tetap 906.433,” kata Ketua KPUD Gresik Acmad Roni.

Rekapitulasi tersebut dijaga ketat oleh aparat keamanan dari Polres Gresik. Setiap saksi dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akan masuk kantor KPUD Gresik dilakukan pemeriksaan secara ketat.

Sementara itu  di Kediri, Jawa Timur,  Calon Presiden dan calon Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla menang berdasarkan rekapitulasi suara secara manual yang dilakukan Komisi Pemlilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo, Rabu (16/7) mengatakan, pasangan Jokowi-JK memperoleh sebanyak 919.456 suara atau sekitar 67 persen, sementara Prabowo-Hatta mendapatkan 294.429 suara atau sekitar 32 persen.

"Proses rekapitulasi berjalan lancar, pasangan nomor urut dua Jokowi-JK unggul," katanya.

Dia mengatakan, dalam proses rekapitulasi manual itu, memang terdapat beberapa hal yang sempat diklarifikasi oleh tim sukses pasangan calon. Namun, semua itu hanya masalah adminstrasi, dan tidak mengubah hasil akhir perolehan suara.

Sapta juga mengatakan, hasil rekapitulasi itu juga disetujui semua tim sukses pasangan calon, dan kedua pihak memberikan tanda tangan persetujuan. Masing-masing tim sukses pasangan calon, diwakili oleh dua orang untuk tanda tangan.

Untuk selanjutnya, kata dia, hasil rekapitulasi manual itu akan dikirimkan ke KPU Provinsi Jatim. Namun, untuk saat ini masih dilengkapi sejumlah berkas, sehingga untuk proses pengiriman ke KPU Jatim akan dilakukan Kamis (17/7).

"Kami cermati lagi dan masih ada waktu. Kami putuskan pengiriman besok pagi," kata Sapta.

Sementara itu, perwakilan dari tim sukses calon Presiden dan calon Wakil Presiden Prabowo - Hatta yaitu Lukman Efendi mengatakan pelaksanaan rekapitulasi manual oleh KPU Kabupaten Kediri berjalan lancar.

Ia juga mengatakan memang terdapat temuan-temuan saat penyelenggaraan Pemilu Presiden, 9 Juli 2014, namun semuanya sudah selesai. Temuan itu di tingkat PPS ataupun PPK, salah satunya sampai ada pencoblosan ulang di TPS 9 Desa Pandantoyo, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

"Evaluasi secara keseluruhan berjalan dengan normal dan lancar," katanya.

Dodi Purwanto, perwakilan dari tim sukses calon Presiden dan calon Wakil Presiden Jokowi-JK mengatakan, keunggulan pasangannya merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri.

Ia mengatakan, tim sudah bekerja dengan keras dan saat ini sudah terlihat hasilnya, dengan suara Jokowi-JK yang unggul.

Walaupun juga ada beberapa permasalahan, seperti data tentang jumlah pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk (KTP), ia menegaskan tidak mengubah hasil akhir pemilu.

"Jokowi-JK unggul di 26 kecamatan, dengan persentase 67 persen," kata Dodi.

Pemilu Presiden 2014 di Kabupaten Kediri diikuti sebanyak 1.182.255 pemilih yang tersebar di 344 desa di 26 kecamatan. Aspirasi mereka disalurkan di 4.170 tempat pemungutan suara (TPS). [ant/trb]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...