JK Tanya soal Pelanggaran HAM ke Prabowo, Debat Memanas

KONFRONTASI-Aroma "panas" mulai muncul di acara debat capres-cawapres di Balai Sarbini, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Senin (9/6) malam.

Itu terjadi saat cawapres Jusuf Kalla bertanya kepada capres Prabowo Subianto mengenai apa yang akan dilakukan jika terpilih menjadi presiden terkait kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu.

Dalam pertanyataannya, JK tidak menyinggung pelanggaran HAM secara spesifik, yakni kasus penculikan sejumlah aktivis 98.

Hanya saja, secara lugas Prabowo sendiri merasa JK sedang menyodok kasus itu. "Saya tahu arahnya ke mana," ujar Prabowo saat mulai memberi jawaban.

Prabowo menjelaskan, sebagai prajurit, dirinya sudah berupaya menjalankan tugas sebaik-baiknya. Untuk selanjutnya, kata Prabowo, terserah bagaimana pimpinan memberikan penilaian.

Dikatakan Prabowo, dirinya bertindak untuk kepentingan masyarakat luas. Antara lain, kata Prabowo, terhadap pihak-pihak yang merakit bom, harus ditindak tegas.

Namun, jawaban Prabowo belum membuat JK puas. Menurut JK, kasus-kasus pelanggaran HAM tidak selalu berkaitan dengan masalah bom.

(war)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...